Peringati Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotim, Gubernur Harapkan Kotim Makin Maju dan Bermartabat di Segala Bidang

 93 total views

SAMPIT, KOTIM-BIRO ADPIM. Gubernur Sugianto Sabran menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), di Stadion 29 November, Sampit, Minggu (7/1/2024).

Read More

Tema Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotim “Habaring Hurung Inovasi dan Berjaya”. Tema ini mengandung makna bahwa Kotim yang berjuluk “Bumi Habaring Hurung” akan terus berinovasi dan berprestasi di usianya yang ke-71.

Mengawali sambutannya, Gubernur Kalimantan Tengah mengucapkan selamat Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotim. “Semoga dengan bertambahnya usia Kabupaten Kotawaringin Timur, pembangunan daerahnya akan semakin maju, pelayanan publiknya akan semakin berkualitas, dan masyarakatnya akan semakin makmur,” harap Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur pun melaporkan selayang pandang pertumbuhan Kalimantan Tengah, antara lain kenaikan angka APBD sejak 2015 sebesar 3,74 Trilyun menjadi 8,6 Trilyun pada 2024. “Seiring dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah ditargetkan APBD Kalimantan Tengah pada Tahun 2025 dapat menyentuh angka Rp 10 Trilyun lebih,” terang Gubernur.

Lebih lanjut, Kalteng patut berbangga, karena merupakan satu-satunya Provinsi yang mencatatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan se-Pulau Kalimantan.

“Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi kita bersama termasuk Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan berbagai pihak dalam mengawal inflasi tetap rendah,” imbuhnya.

Capaian Makro Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah lainnya adalah Tingkat Kemiskinan yang mencapai angka 5,11 persen pada Juli 2023, lebih rendah (lebih baik) dari Capaian Nasional yakni 9,36 persen dan menduduki urutan ke-5 Nasional Provinsi dengan penduduk miskin paling sedikit.

Gubernur menyampaikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah hingga saat ini masih berfokus pada penyediaan infrastruktur yang layak, peningkatan aksestabilitas jalan, peningkatan desa berlistrik, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Pembangunan Landmark Bundaran Besar sebagai ikon kebanggaan Kalimantan Tengah, rencana Pembangunan Universitas unggulan baru di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, kepada Bupati dan Wakil Bupati Kotim beserta jajarannya, Gubernur menyampaikan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras dan berbagai capaian positif pembangunannya.

Capaian yang dimakusd antara lain, diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sembilan kali berturut-turut, dan peringkat pertama pelaksanaan 8 aksi konvergensi stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari tahun 2019 sampai 2023.

“Selamat Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur. Semoga dengan bertambahnya usia, pembangunan daerahnya akan semakin maju, pelayanan publiknya akan semakin berkualitas, dan masyarakatnya akan semakin makmur,” pungkas Gubernur.

Seusai upacara, Gubernur berkesempatan mengukuhkan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotim masa bakti 2023-2028, menyerahkan simbolis alat pemadam karhutla senilai Rp 6 Milyar lebih kepada Bupati Kotim.

Ditemui sejumlah awak media, Gubernur kembali menyampaikan harapan agar Kotim semakin maju dan bermartabat di segala bidang. Ia juga meminta simergitas semua pihak untuk menjaga kamtibmas.

Turut mendampingi Gubernur, Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran, Bupati Kotim Halikinnor beserta isteri dan Wakil Bupati Irawati, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Forkopimda Kotim, Direktur Utama dan Komisaris Utama Bank Kalteng. (dew/yad/fen)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *