Pembinaan Rohani Bagi Warga Binaan Lapas Dompu, Wujud Apresiasi Pengamalan Ilmu yang Dimiliki

 39 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu terus meningkatkan Pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai dengan agama yang dianut. Tampak Salah satu kegiatan yang di laksanakan dalam pembinaan rohani tersebut yaitu kegiatan Yasinan dan do’a bersama yang bertempat di Masjid At-Taubah Lapas, Rabu (10/1/23) di mulai sekitar pukul 07.30 Wita, sampai selesai.

Berlangsungnya kegiatan diawasi dan dibina langsung oleh Pejabat struktural dan para staf lainnya. Pembinaan ini dimaksudkan sebagai suatu kegiatan positif yang dapat merubah kebiasaan sehari-hari warga binaan pada saat sebelum mereka masuk ke dalam Lapas Dompu. Selain itu juga untuk memenuhi salah satu hak warga binaan. Setiap harinya yang memimpin jalannya yasinan selalu bergantian yakni perwakilan dari setiap kamar yang ada di Lapas Dompu.

Sebelum dimulainya yasinan dan do’a bersama, Mamiq Jagat selaku Kasubbag TU memberikan kultum kepada warga binaan, “Meski ilmu kita sedikit akan tetapi perbanyaklah pengamalan, karena percuma kita memiliki banyak ilmu namun sedikit bahkan tidak ada pengamalannya. Dan supaya ilmu yang kita amalkan bernilai pahala, maka awali dengan membaca basmalah serta dengan cara yang baik.”

Terkait hal itu Mamiq Zagat Mengutip surat Az-Zariyat ayat 56 yaitu wama kholaqtul jinna wal insa illa liya`budun yang artinya tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku. Mamiq Jagat menegaskan fungsi utama hidup adalah beribadah kepada Allah, sedangkan bekerja dan lainnya merupakan fungsi tambahan dalam hidup, terangnya.

Setelah selesainya kultum dari Mamiq Jagat, dilanjutkan dengan pembagian reward dalam bentuk sertifikat kepada warga binaan yang berkembang pesat dan mengikuti dengan baik jalannya kegiatan pembinaan kerohanian, khususnya pada bidang tahfidz dan tilawah, lanjutnya.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh warga binaan yang muslim dan berlangsung hikmad, aman dan lancar sampai selesai, pungkas Mamiq Zagat. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *