Awal Menjabat Telah Berkomitmen, Yerri (LSM): “Kapolda Papua Barat Seperti Ini Yang Kami Harapkan ?!”

 118 total views

Papua Barat,globalinvesgasinews.com – Sikap kepemimpinan Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Johnny Eddizon Isir dalam keterangan di Manokwari yang berkomitmen akan menutup dan memproses semua pelaku usaha penambangan illegal minning di Masirawi distrik Masni dan sekitarnya mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Read More

Salah satunya datang dari Ketua LSM WGAB Papua, dalam komunikasi via whatssap Sabtu (13/1/24). Yerri Basri Mak, SH, yang namanya tidak asing lagi turut memberikan support dan dukungannya kepada Kapolda PB atas niat dan tekadnya hendak menertibkan semua aktivitas tambang illegal di Papua Barat, khususnya di Manokwari.

Lelaki paruh baya ini juga menyampaikan kekagumannya kepada sosok Eddison Isir yang kini menjabat Kapolda PB yang baru, karena belum setahun dipercayakan memimpin ia mampu menjawab tuntutan dan kerinduan masyarakat adat dibumi Papua Barat dalam menghentikan segala bentuk kegiatan penambangan illegal yang masih berlangsung disana.

” Akhirnya apa yang kami gumuli dan kami suarakan selama ini dapat terwujud. Saya yakin sikap Kapolda seperti ini yang berniat meniadakan segala bentuk kejahatan tambang illegal di Manokwari, pastinya akan memulihkan citra dan kinerja Polda PB yang kita ketahui sebelumnya hal ini tidak mendapat tanggapan serius dari Kapolda yang lama. Tetapi dengan hadirnya Eddison Isir akan membuat perubahan yang berdampak baik bagi kita,” imbuh dia.

Aktivis ini lagi bereaksi sembari melayangkan apresiasinya pada sosok Eddison Isir karena sikapnya yang dinilai terbilang berani dan tidak mau diajak kerjasama.! ” Kalau nanti semua tambang illegal di Papua Barat ditutup, Saya kira ini bukan semua keputusan yang mudah. Pertanyaannya; Kenapa Kapolda yang lama tidak mampu mengambil sikap tegas seperti ini, Saya tidak perlu menjelaskan lebih jahu semua orang bisa beropini,’ beber Basri.

Ketua LSM ini pun menyambut baik langkah Kapolda PB yang berencana akan membentuk tim pengawas aktivitas penambangan demi menghindari pengerusakan alam adat oleh para penambang illegal yang bertahun-tahun dengan alat berat berjenis exsavator dan semacamnya, telah merusak lagi menghancurkan ekosistem tanah, dan membuat fauna semakin menjahu.

Diakhir harap Yerri berpesan kepada Kapolda Eddison Isir, agar dalam penindakan dan penertiban semua tambang illegal di wilayah Papua Barat, Kapolda dan jajarannya harus mampu menangkap semua pebisnis tambang illegal tanpa pengecualian untuk diproses sesuai pelanggaran hukum sebagaimana yang dilakukannya bertahun-tahun.

” Harapan saya Kapolda Eddison Isir, jangan hanya penertiban dan penutupan tambang illegal saja melainkan semua penambang yang turut serta berkontribusi dalam merusak hutan adat, harus diproses hukum seberat-beratnya sesuai kejahatan penambangan yg dilakukan,” pinta dan harap Aktivis pemerhati lingkungan. (Nando)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *