Tingkatkan Literasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Bandung Laksanakan Giat Safari Literasi “Dispusip Goes to School”

 53 total views

KAB. BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung melaksanakan safari literasi di SMA dan SMK yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.

Read More

Gebyar safari literasi itu bertujuan untuk meningkatkan literasi peserta didik dalam menghadapi Indonesia Emas 2024.

Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna melalui Kepala Dispusip Kabupaten Bandung H. Teguh Purwayadi, S.STP, M.Si., mengatakan bahwa kegiatan safari literasi ini merupakan pertama kali dilaksanakan Dispusip Kabupaten Bandung dengan sasaran para siswa SMA/SMK.

“Tempat pertama yang kami kunjungi adalah SMAN 1 Soreang. Di tahun 2024, kita akan coba berkegiatan literasi di SMA dan SMK yang berada di Kabupaten Bandung dalam rangka terus mendongkrak nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM),” kata Teguh didampingi Kabid Pelayanan Perpustakaan Firman Nugraha dalam keterangannya di Soreang, Jumat (19/1/2024).

Sebelumnya, imbuh Teguh, Dispusip telah melaksanakan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat terkait pelaksanaan kegiatan safari literasi ini.

“Mengingat, kalau berbicara kewenangan, SMA dan SMK menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun alhamdulilah, kita disambut baik dan diperkenankan melaksanakan kegiatan safari literasi ini,” ujar Teguh.

Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Soreang Arif Hardiana M.Pd., menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung ini.

“Bahkan setiap minggu kedua pada setiap bulannya diagendakan kegiatan Jumat Literasi di SMAN 1 Soreang,” kata Arif.

Dalam kegiatan safari literasi Dispusip Goes to School, turut diperkenalkan pula kepada seluruh siswa-siswi SMAN 1 Soreang terkait aplikasi perpustakaan digital Kabupaten Bandung, yaitu IBANDUNGKAB.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan Dispusip Kabupaten Bandung Firman Nugraha menyampaikan bahwa terdapat 3.600 koleksi buku di aplikasi IBANDUNGKAB yang bisa dimanfaatkan dan dipinjam oleh para pemustaka secara online.

“Dalam kegiatan safari literasi ini, kami juga membawa kendaraan perpustakaan keliling yang dapat dimanfaatkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Soreang,” kata Firman.

Diakhir kegiatan, Kepala Dispusip Kabupaten Bandung memberikan cindera mata berupa ‘Buku Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan’ dengan penulis Bupati Bandung DR. H. Mohamad Dadang Supriatna S.IP, M.Si kepada Kepala SMAN 1 Soreang.**

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *