Ratusan Siswa SD/MI se-Jawa/Bali Sukseskan Kompetisi KACER, MTs. Negeri 1 Pati Gelontorkan Beasiswa Puluhan Juta Rupiah

 64 total views

Pati – Sebanyak 565 siswa turut meramaikan ajang Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (KACER) 2024 tingkat SD/MI se-Jawa & Bali pada Minggu (25/2) di MTsN 1 Pati. KACER 2024 menjadi tahun keempat diadakan, dengan berbagai mata lomba, terdiri atas Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

Read More

Ajang bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh MTsN 1 Pati ini digelar dalam rangka memberikan kontribusi untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Ditandai dengan pemukulan gong, KACER 2024 dibuka oleh Ahmad Syaikhu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Syaikhu menyambut baik sekaligus mengapresiasi terlaksananya KACER.
“Kami merasa sangat bangga dan bahagia, pasalnya MTsN 1 Pati sebagai Madrasah terbaik se-Jawa Tengah selalu berinovasi di dalam meraih prestasi,” ungkapnya.

“Ratusan siswa SD/MI se-Jawa Bali dapat hadir di MTsN 1 Pati untuk mengikuti kompetisi merupakan inovasi yang keren dan luar biasa. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Kepala MTsN 1 Pati yang tidak pernah lelah dan berhenti berinovasi untuk mencetak anak cerdas berkarakter,” sambung Syaikhu mengakhiri sambutan.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada KACER 2024 ini, MTsN 1 Pati totalitas dalam menyambut para peserta yang berasal dari dalam maupun luar Jawa Tengah. Berbagai penampilan disuguhkan mulai dari angklung, karawitan, tari saman, persembahan lagu Zona Integritas, hingga drama musikal. Tidak hanya itu, jumlah peserta KACER 2024 juga mengalami kenaikan sebanyak 28% dibanding tahun 2023.

“Syukur Alhamdulillah, KACER yang keempat berjalan lancar dan sukses, dilihat dari asal peserta mulai dari Serang, Banten sampai Tuban, Jawa Timur, dan dari jumlah peserta juga sudah di atas ekspektasi,” ujar Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati.

Syafak menyatakan, suksesnya pelaksanaan KACER di tahun ini tidak terlepas dari berbagai dukungan, baik dari para peserta, pecinta MTsN 1 Pati, maupun dari para pejabat tinggi daerah Kabupaten Pati.
“Kami ucapkan terima kasih kepada para pecinta kompetisi dan pecinta MTsN 1 Pati. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Bupati dan Bapak Kakankemenag Kabupaten Pati atas support-nya,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, Syafak berharap dapat memberikan manfaat bagi insan pendidikan dalam upaya meningkatkan kemauan dan keberanian berkompetisi, terlebih bagi MTsN 1 Pati dapat menghasilkan input yang terbaik guna mengembangkan MTsN yang bertaraf internasional ini.
“Selamat kepada para pemenang. Bagi yang belum menang, kalian semua adalah juara,” seru Syafak.

Adapun bagi Juara 1 total beasiswa pendidikan yang diberikan yaitu senilai puluhan juta rupiah selama menjadi siswa MTsN 1 Pati. KACER 2024 juga turut disponsori oleh Ganesha Operation Cabang Kudus dan Satu Juta Kampung Inggris Pare, sebagai mitra pendidikan dengan memberikan voucher belajar bagi juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2 yang menjadi siswa di MTsN 1 Pati.

Michelle Putri Dezana Elsegood, Juara 1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris asal SDUT Bumi Kartini, Jepara mengaku senang bisa kembali mengikuti KACER di MTsN 1 Pati sekaligus ditetapkan menjadi juara selama dua tahun berturut-turut.

“Senang bisa dapat juara lagi, tahun kemarin juara 1 bidang story telling, kalau tahun ini Bahasa Inggris,” katanya usai dinobatkan sebagai juara.

“Terima kasih kepada MTsN 1 Pati telah mengadakan lomba ini lagi. MTsN 1 Pati Kerren,” imbuhnya girang.

Berikut hasil KACER 2024 selengkapnya :
Bidang Matematika, Juara 1 Naufal Alfariqo Herbiana (SD Muhammadiyah Pati), Juara 2 Auxelle Gusti Adrian (SDN Sitirejo), dan Juara 3 Richie Angelo Liu (SD Bina Anak Sholeh Tuban).

Bidang IPA, Juara 1 Joakima Haidar Alfatra (MIN 2 Jepara), Juara 2 Adninta Hilmi Kaffata (MIN Kota Semarang), dan Juara 3 Sarah Zakiyatunnisa (MIN Kudus).

Bidang IPS, Juara 1 Siyada Fela Sufah (MIN Kudus), Juara 2 Aida Khoirunnisa (MI Tarbiyatul Banin Pekalongan), dan Juara 3 Ranti Ratna Sari (SDN Jakenan).

Bidang Bahasa Inggris, Juara 1 Michelle Putri Dezana Elsegood (SDUT Bumi Kartini Jepara), Juara 2 Gavin Elhaziq Dyonino (MI Tarbiyatul Banin Pekalongan), dan Juara 3 Hilde Azkya Syahvine (SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati).
Bidang Bahasa Arab, Juara 1 Muhammad Fatih Safaroz Alfaroqi (MIN 2 Jepara), Juara 2 Nawiby Islafa Anugrahing Gusty (MIN 2 Jepara), dan Juara 3 Nila Munaaya Maulida (MI Manahijul Huda Ngagel).

Sumber : Kepsek MTS N 1 Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *