Limbah Pabrik Tapioka : “Mangatas Silaen Turun Langsung Memantau Dan Mendengarkan Keluhan Masyarakat Desa Pintubosi ?!”

 247 total views

Diduga akibat limbah pabrik Tapioka yang berlokasi di Desa Pintubosi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba menyebabkan puluhan peternak ikan mas merugi hingga puluhan juta.

Read More

Mendengar kejadian tersebut Mangatas Silaen selaku anggota DPRD Toba, beserta instansi Pemerintah Kabupaten Toba turun langsung melihat kejadian tersebut, Jumat 1 Maret 2024.

Saat memantau kelapangan, benar saja terlihat ratusan ikan mas yang ukurannya berpariasi mati, peristiwa ini diduga akibat saluran iringasi warga yang sudah tercemar dari limbah Pabrik Tapioka.

“Aliran irigasi untuk kolam ternak ikan ini dari sungai induk bondar Sigala-gala yang dimana tidak jauh dari Pabrik Tapioka, kejadiannya kami ketahui kemarin, Kamis, 29 Februari 2024. kami lihat, ternak ikan kami banyak yang mati dan hingga sampai saat ini masih tetap ada yang mati,” ungkap salah seorang peternak ikan bermarga Pangaribuan.

Kemudian, untuk memastikan penyebab matinya ternak ikan masyarakat Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Toba langsung mengambil sampel air dan ikan yang mati maksud tes laboratorium untuk mencari kebenaran.

Oleh sebab itu, lanjut Pria dari Partai PDI Perjuangan, Mangatas Silaen menyampaikan agar hasilnya nanti terbuka untuk masyarakat.

“Nanti hasilnya agar bisa cepat diketahui apa penyebab matinya ikan dan hasil laboratorium kiranya terbuka untuk masyarakat terkhusus untuk peternak ikan yang terdampak, agar kejadian ini dapat disampaikan ke pihak perusahaan dan secepatnya ditangani agar tidak terjadi lagi kejadian seperti ini”, tegas Mangatas.

Dilokasi terlihat turut hadir, Dinas Ketahanan Pangan Sahat Manulang, Dinas Lingkungan Hidup Lukman Siagian, Camat Laguboti Aprilla Nessy Tampubolon, Kapala Desa Pintubosi Januari Pangaribuan. (AMS).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *