Deteksi Dini, Personil Polri di Labuan Bajo Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala

 330 total views

LABUSN BAJO, Globalinvestigasinews. Com-Kesehatan merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh setiap manusia. Bagi personel Polri yang bertugas di kawasan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo, Manggarai Barat kesehatan menjadi modal utama yang harus selalu dipelihara demi kelancaran pelaksanaan tugas-tugas operasional.

Read More

Sebanyak 166 personel Polri dari Polres Manggarai Barat dan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala di aula Kemala Bhayangkari Mapolres setempat, Selasa (02/04/2024) siang.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilaksanakan oleh Seksi Kedoteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Manggarai Barat bekerjasama dengan Tim dari Biddokkes Polda NTT dan Laboratorium Klinik ASA Kupang.

Adapun rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala meliputi pemeriksaan fisik dokter, odontogram (pemeriksaan kesehatan gigi), pemeriksaan EKG, foto thorax, pemeriksaan urine, dan cek darah lengkap.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan personel Polri khususnya Polres Manggarai Barat dan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin minimal setahun sekali, ini sudah menjadi program rutin Polri sebagai bentuk perawatan kesehatan institusi Polri terhadap personelnya,” jelas dia.

Kapolres Mabar menambahkan, pemeriksaan kesehatan selain untuk mengetahui kondisi kesehatan saat personel saat ini, juga sebagai upaya pencegahan penyakit atau deteksi dini.

“Dari pemeriksaan kesehatan ini nanti akan muncul hasil diagnosa laboratorium secara lengkap, juga ada rekomendasi apa yang harus dilakukan kepada yang bersangkutan,” ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

“Untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan ini kita utamakan anggota yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit seperti hipertensi, diabetes maupun penyakit lainnya sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat disesuaikan dengan resiko penyakit yang dideritanya,” Lanjutnya.

Menurut AKBP Ari, dengan pemeriksaan kesehatan berkala untuk menjaga kondisi fisik yang sehat dan prima, para anggota Polri yang bertugas di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dapat melaksanakan tugas dengan maksimal.

“Diharapkan nantinya akan bisa membuat personel Polri khususnya Polres Manggarai Barat dan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo menjadi tetap sehat, sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima pada warga masyarakat yang ada di Manggarai Barat,” kata perwira dengan melati dua dipundaknya itu.

Selain itu, ia juga menerangkan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan berkala tersebut akan masuk dalam penilaian 13 komponen personel Polri.

“Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan, pemeriksaan kesehatan berkala sangat penting diikuti oleh seluruh personel karena hasil pemeriksaannya nanti akan masuk dalam penilaian 13 komponen Polri yang berpengaruh terhadap jenjang karir dan pendidikan lanjutan anggota Polri di satuan kewilayahan,” terangnya.**#

(M-gl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *