Dihadiri Wakil Bupati, Kapolres Mabar Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

 72 total views

LABUAN BAJO, Globalinvestigasinews. Com-Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H, bertempat di lapangan apel Mapolres setempat, Rabu (03/04/2024) pagi.

Read More

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. dan dihadiri oleh Wakil Bupati Mabar, dr. Yulianus Weng, M.Kes., Danlanal Labuan Bajo, Letkol Laut (P) Iwan Hendra Susilo, dan Danramil 1612-02/Komodo, Lettu Inf Gede Budi Ardana serta sejumlah Kepala OPD lintas sektoral.

Dalam apel ini, dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Turangga 2024 kepada perwakilan dari Anggota Koramil 1612-02/Komodo, Satlantas Polres Mabar, Basarnas Manggarai, Pol-PP dan Dishub Kabupaten Mabar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. menyampaikan sambutan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam amanat tersebut, Kapolres Mabar menyampaikan rasa syukur atas kesempatan untuk melaksanakan apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” katanya.

Ia juga menyoroti terkait peningkatan mobilitas masyarakat pada tahun ini yang diperkirakan mencapai 193,6 juta orang, meningkat 56,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

“Operasi ini fokus pada pengamanan dan penanganan potensi gangguan sebelum, saat, dan setelah Operasi Ketupat Turangga 2024,” imbuh perwira dengan melati dua dipundaknya itu.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan persiapan yang telah dilakukan, termasuk pengaturan lalu lintas, pelayanan dan pengamanan di jalur-jalur rawan, serta penyeberangan laut.

“Hindari antrean panjang saat menaiki kapal dengan menerapkan delaying system dan mendorong pembelian tiket secara online pada kantong-kantong parkir,” pesannya.

Disebutkan juga bahwa, selain aspek keamanan dan kamseltibcar lantas serta gangguan kamtibmas lainnya, Operasi Ketupat ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM untuk masyarakat.

“Seluruh upaya tersebut bertujuan untuk memberikan mudik aman, ceria, penuh makna bagi seluruh masyarakat,” ungkap Kapolres Mabar.

Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri 1445 H ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Dalam menutup amanatnya, Mantan Kapolres Alor itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan,” ucap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.**#

(M-gl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *