Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2024, Polres Banjar Gelar Rakor Lintas Sektoral

 162 total views

Menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya tahun 2024, Polres Banjar gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H, di Aula Presisi Mapolres Banjar. (03/04/2024)

Read More

Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, S.I.K.,M.H. bersama Pj. Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E.,S.H.,M.Si., serta Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf. Afid Cahyono, S.Sos.,S.H.,M.Han. pimpin kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Pj. Walikota Banjar menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Banjar atas terselenggaranya kegiatan Rapat Koordinasi Lintas sektoral, serta ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

“Hari raya Idul Fitri merupakan hari besar bagi umat muslim dimana masyarakat akan mudik ke kampung halamannya. Menurut hasil survey dari Kemenhub Bahwa tahun ini diprediksi akan terjadi onjakan mudik mencapai 50% pergerakan dari tahun sebelumnya,” Ucap Pj. Walikota Banjar.

“Untuk itu, perlu kerja sama dan sinergitas dalam
Pelaksanaan pengamanan Mudik Lebaran tahun ini. Kota Banjar menjadi lintasan pemudik ke Jateng dan Jatim, diprediksi volume arus lalu lintas di Kota Banjar akan meningkat,” Kata Pj. Walikota Banjar.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolres Banjar mengatakan rakor lintas sektoral di wilayah hukum Polres Banjar sebagai tindak lanjut dari rakor tingkat Provinsi. Untuk gambaran kepada stekholder, lembaga atau instansi yang ada terkait rencana pengamanan mudik lebaran tahun 2024.

“Kami menyampaikan arahan Kapolda Jabar yakni penyampaian apresiasi bapak Presiden Republik Indonesia kepada seluruh pihak yang telah berhasil mengelola arus mudik tahun 2023 yang dinilai sebagai puncak tertinggi arus mudik. Lalu, memastikan masyarakat dapat beribadah dengan aman, nyaman sampai dengan nanti pelaksanaan salat dan perayaan Idul Fitri 1445 H,” ucap Kapolres Banjar.

Selanjutnya menjaga stabilitas harga pangan nenjelang Idul Fitri, menyiapkan pos pelayanan, pengamanan, dan fasilitas ibadah yang bersih dan memadai, supaya pemudik dapat beribadah dengan nyaman. Kemudian, kesiapan istansi dalam penanggulangan bencana harus sudah maping lokasi yang berpotensi terjadinya bencana terutama pada jalur utama.

“Polres Banjar mendirikan 3 Pos Pam dan 1 Pos Terpadu yang diawaki oleh personel TNI, Polri, Pemkot Banjar, stakeholder lainnya. Kita sama-sama berharap semoga mudik lebaran di wilayah hukum Polres Banjar bisa berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif, serta Kita semua selalu dalam keadaan sehat dan prima,” Pungkas Kapolres Banjar.

Dandim 0613/Ciamis menyampaikan TNI 100% mendukung pengamanan Idul fitri tahun 2024 sesuai dengan langkah-langkah direncanakan oleh Kapolres Banjar serta mendukung peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Banjar dalam kegiatan pengamanan Idul Fitri 1445 H.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing instansi terkait langkah-langkah yang akan diambil dalam pengamanan mudik Lebaran dan perayaan Hari Raya Iduk Fitri 1445 H.(Tons)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *