Pekon Wates Selatan Gelar FGD Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

 40 total views

Pringsewu, 14 Mei 2024 – Dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayahnya, Pekon Wates Selatan, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, menggelar kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) dengan tema “Pencegahan dan Penanggulangan Stunting”. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Mei 2024, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari Puskesmas Gadingrejo, Bidan Desa, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat, dan para orang tua balita.

Read More

Menurut Kakon Wates Selatan, saat ini di Pekon Wates Selatan terdapat enam orang anak yang mengalami stunting dan empat orang ibu hamil dengan kategori KEK (Kekurangan Energi Kronis).

“Untuk menangani permasalahan ini, Pekon Wates Selatan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13.200.000,-.,” kata Kakon Wates Selatan, Selasa (14/05/2024).

Kegiatan FGD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang stunting, serta untuk merumuskan strategi yang efektif dalam pencegahan dan penanggulangan stunting di Pekon Wates Selatan.

Dalam sambutannya, Kakon Wates Selatan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan FGD ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan solusi yang konkrit dan efektif untuk menurunkan angka stunting di Pekon Wates Selatan.

Acara FGD ini diisi dengan berbagai narasumber, diantaranya dari Puskesmas Gadingrejo dan Bidan Desa. Para narasumber menyampaikan materi tentang stunting, mulai dari definisi, penyebab, dampak, hingga langkah-langkah pencegahan dan penanggulangannya.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana para peserta dapat menyampaikan pertanyaan, pendapat, dan saran terkait dengan stunting. Diskusi berlangsung dengan antusias dan menghasilkan berbagai masukan yang berharga.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan FGD ini, disepakati beberapa langkah yang akan dilakukan, antara lain: Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang stunting secara lebih gencar dan berkelanjutan. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas dan Posyandu. Memperkuat koordinasi dan sinergi antar sektor dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

Pemerintah Pekon Wates Selatan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan FGD ini dan langkah-langkah yang disepakati, angka stunting di Pekon Wates Selatan dapat segera diturunkan dan generasi penerus bangsa dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan optimal.(Supri)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *