PEUSIJUK JAMAAH CALON HAJI, PJ. BUPATI PESAN KONTROL DIRI DAN FOKUS IBADAH

 54 total views

Aceh-Aceh Tamiang –Global Investigasi News- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Peusijuk Jama’ah Calon Haji (JCH) yang bertempat di Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang.Rabu (29/05/2024)

Read More

Dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada para calon jama’ah yang terpilih melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Pengerjaan Haji memang undangan Allah, bukan ukuran uang. Ada yang sudah berniat tapi belum ada kesempatan. Tidak bisa diprediksi. Perencanaan berada di kita, namun tetap kuasa Allah untuk memberangkatkan”, tutur Asra.

Pj. Bupati Asra berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan fokus pada ibadah. Sebab, dikatannya ibadah Haji adalah ibadah fisik.

“Penting sekali tetap jaga kesehatan, niatkan dalam hati untuk sehat dan mampu menolong orang lain”, ucapnya.

Asra juga terus mengingatkan untuk dapat mengontrol diri agar dihindari dari sifat riya dan takabur serta untuk terus jaga kekompakan dengan jamaah lainnya.

Sebelum menutup sambutannya, Pj. Bupati Asra juga mengingatkan agar terus menurunkan ego dan sabar dalam melaksanakan proses administrasi keberangkatan yang menguras waktu.

“Semoga Bapak dan Ibu dapat mengerjakan rukun haji dengan tertib serta selamat pergi dan kembali,” tutupnya.

Dalam kegiatan tepung tawar tersebut, Pj. Bupati Asra juga menyerahkan cenderamata atau bingkisan secara simbolis kepada jama’ah calon haji.

Sementara itu sebelumnya, dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag, Anwar Fadli menjelaskan, penyelenggaraan ibadah haji ini telah memasuki tahap keberangkatan.

setiap tahunnya, sambung Anwar Fadli, Pemerintah akan melaksanakan tepung tawar pelepasan atau peusijuk yang merupakan adat di setiap daerah.

“Adapun calon haji Aceh Tamiang berjumlah 180 jamaah, yang terdiri dari 75 laki laki dan 105 perempuan. Jamaah usia tertua 91 tahun dari Kecamatan Manyak Payed dan jamaah termuda 20 tahun dari Kecamatan Karang Baru dari pelimpahan quota orang tuanya yang meninggal,” jelasnya.

Selain itu, dijelaskannya bahwa jamaah haji telah menjalankan manasik sebanyak 11 kali. Acara pelepasan calon jamaah haji akan dilakukan pada tanggal 5 Juni 2024 pukul 16.30 ba’da Ashar. Dijadwalkan rombongan kloter 9 dari Kab. Aceh Tamiang, Bireuen, Aceh Timur dan Kota Langsa akan masuk ke Asrama Haji Banda Aceh pada 6 Juni 2024 dan bertilak ke tanah suci pada 7 Juni 2024.

“Terimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Tamiang juga kepada Dinas terkait yang telah membantu dalam proses keberangkatan, serta semua pihak yang telah bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah calon haji Aceh Tamiang. Kepada kepala regu saya berpesan saling menjadi kekompakan, kesehatan dan selalu fokus dalam beribadah. Semoga seluruh jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci dan dapat menunaikan rukun haji serta kembali dengan membawa predikat Haji Mabrur,” ungkapnya.

Kegiatan ditutup dengan tausiyah oleh Ust. Riswanto. Turut berhadir unsur Forkopimda, para Kepala Dinas terkait, serta tamu undangan lainnya.(E).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *