Disnakertrans Purwakarta Gelar Job Fair, Ada Ribuan Lowongan Kerja Dibuka

 43 total views

PURWAKARTA,
Globalinvestigasinews.com

Read More

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat menyelenggarakan job fair 2024.

Job fair itu diselenggarakan dari tanggal 28 hingga 30 Mei 2024. Job fair ini merupakan kali kedua diselenggarakannya instansi tersebut.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengatakan, job fair ini sangatlah penting. Pasalnya, job fair ini merupakan ruang bagi masyarakat untuk mencari pekerjaan. Mengingat, job fair ini merupakan bursa kerja.

“Job fair ini sebagai ruang atau wahana untuk masyarakat dalam mencari informasi tentang lowongan pekerjaan,” ujar Benni Irwan, di sela-sela pembukaan Job Fair 2024 dengan tema Your Brighter Future atau Masa Depanmu yang Lebih Cerah, di Taman Pasanggrahan Padjadjaran, Alun-alun Pemkab Purwakarta.

Job fair kali kedua ini, membuka lowongan pekerjaan yang tersedia baik itu di Kabupaten Purwakarta, di daerah lainnya. Termasuk sampai keluar negeri.

Benni mengatakan, sangat berharap kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun. Atau jika memungkinkan dalam setahun itu beberapa kali dilaksakan.

Sehingga, semakin sering dilaksanakan maka semakin banyak masyarakat Purwakarta mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan. Lebih dari itu memikirkannya juga berharap masa depan masyarakat Purwakarta yang masih membutuhkan pekerjaan dapat memperoleh pekerjaan melalui forum ini.

“Forum ini cukup dinilai efektif dengan semakin banyak masyarakat kita yang mendapat kerjaan, kali ini ada 1.562 lowongan pekerjaan baik itu untuk dalam kota dan luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, Didi Garnadi, mengatakan, pada hari pertama job fair dibuka animo masyarakat cukup tinggi. Pasalnya, job fair ini mendatangkan ribuan pencari kerja baik itu dari dalam Purwakarta maupun daerah lain.

Untuk lowongan kerja yang dibuka di job fair ini, ada 1.562 lowongan. Adapun total lowongan itu, terdiri dari 752 lowongan di dalam negeri, 490 lowongan untuk luar negeri dan ada 320 lowongan untuk bisa magang di Jepang,” jelas Didi.

Dalam kesempatan job fair ini, yang mendaftar secara online sudah ada 6.680 orang. Bahkan, 700 orang di antaranya merupakan pelamar asal daerah tetangga. Seperti Subang dan Karawang. Sedangkan perusahaan yang mencakup sebanyak 30 perusahaan.

“Alhamdulillah, hari pertama dibuka begitu pecah, animo masyarakat begitu ini. Ini merupakan kali kedua job fair yang diselenggarakan selama saya menjabat sebagai Kadisnakertrans,” jelas Didi.

Terkait antisipasi hal-hal yang tak diingikan, Didi menegaskan, mengumumkan bersama panitia berupaya untuk profesional. Selain itu, ia hanya memecahkan sebatas fasilitator dan tidak ada praktik praktik percaloan atau apapun bentuknya yang dapat merugikan dan merusak integritas instansi.

“Saya jamin tidak ada itu percaloan, silahkan dicek. Sebab, kami hanya memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pemberi kerja atau perusahaan. Untuk selanjutnya silahkan perusahaan punya mekanisme sendiri termasuk tahapan seleksinya,” jelas Didi.

(Ferd)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *