EP Rantau dan Pangkalan Susu Field Raih Penghargaan TOP CSR Awards 2024

 54 total views

JAKARTA-Global Investigasi News – Pertamina EP Rantau dan Pertamina EP Pangkalan Susu kembali memboyong penghargaan atas konsistensi dan dampak yang diberikan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan di wilayah kerjanya. Dua perusahaan migas yang berinduk ke Pertamina Hulu Rokan Zona 1 ini berhasil meraih TOP CSR Awards dari TOP Business-MSI Group di Hotel Raffles Jakarta, pada Rabu, (29/5/2024).

Read More

Pertamina EP Rantau mengusung program Rumah Kreatif Tamiang dan Pertamina EP Pangkalan Susu mengangkat program Edu-Ekowisata Mangrove Pasar Rawa. Keduanya diapresiasi dengan penghargaan kategori Bintang 4 karena telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) secara efektif dalam mendukung strategi bisnis yang berkelanjutan.

“TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Dinilai oleh dewan juri yang kompeten di bidangnya. Selamat bagi perusahaan yang mendapatkan penghargaan,” kata Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani. *Menambah kredibilitas penghargaan ini, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Reliantoro turut hadir sebagai keynote speaker.

Penghargaan diterima oleh Senior Manager Relations Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional 1 Yudy Nugraha dan Head of Comrel PHR Zona 1 Djulianto Tasmat. Yudy Nugraha menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Menurutnya ini adalah bukti komitmen Pertamina Hulu Rokan untuk memperkuat program CSR dan mendukung Inovasi-inovasi terbaik dalam Environmental, Social, and Governance (ESG).

Lebih lanjut Djulianto Tasmat memaparkan nilai lebih program-program yang meraih penghargaan tersebut. “Rumah Kreatif Tamiang berangkat dari semangat SDG’s, tidak ada seorang pun yang tertinggal. Pertamina EP Rantau mengembangkan ini agar teman-teman diffable berdaya,” jelasnya mengawali.

Program Rumah Kreatif Tamiang (RKT) dibagi menjadi 4 sub unit usaha, yaitu Bengkel Difabel, Inklusi Coffee, Inkluasi Baking, dan Rumah Limbah. Keempat Sub-Unit usaha RKT diperuntukan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada teman-teman kelompok difabel untuk bekerja setara sejalan.

Sedangkan nilai lebih program yang dikembangkan Pertamina EP Pangkalan Susu adalah keberhasilan melihat potensi alam dan masyarakatnya. Wilayah Kerja Pertamina EP Pangkalan susu terletak di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang berada di pesisir dan memiliki hutan-hutan mangrove. Peningkatan ekonomi dilakukan dengan program Edu-Ekowisata Mangrove Pasar Rawa di Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang, Langkat.

“Kami melakukan pembinaan UMKM olahan Ikan Baronang dan pengembangan infratsruktur pondok wisata mangrove serta penanaman bibit mangrove. Pembinaan yang dilakukan mampu menjawab salah satu poin SDGs, yaitu poin 14 yang berfokus pada tata Kelola laut dan Pantai, serta menjawab poin 8 SDGs yaitu memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi. Program-program ini terlaksana lancar di lapangan karena dukungan dan partisipasi dari semua stakehokder dan masyarakat ” terang Anto, sapaan akrabnya.

“Pertamina Hulu Rokan Regional 1 selalu berkomitmen untuk menjalankan program-program CSR yang memberikan dampak baik terhadap operasional perusahaan dan bagi lingkungan sekitar. Dua penghargaan yang didapatkan adalah bukti inovasi di bidang ESG kami mendapatkan pengakuan yang baik,” ungkap Yudy.

Dalam kesempatan terpisah, General Manager Zona 1, Hari Widodo rasa syukur dan terima kasih untuk tim dan berbagai pihak yang bekerja sama. “Alhamdulillah kami mendapatkan penghargaan ini. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program. Hal ini menjadi motivasi dalam menjalankan program-program CSR di sekitar perusahaan-perusahaan kami,” ungkapnya. Dengan menjalankan CSR, keberlanjutan bisnis menjadi baik, operasi berjalan dengan lancar untuk turut andil dalam mewujudkan ketahanan energi negeri.

Penghargaan TOP CSR Awards 2024 mengusung tema CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth. TOP CSR Awards diselenggarakan oleh Top Business-MSI Group. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan Program CSR secara efektif dan berkualitas di Indonesia. Penilaian dilakukan berbasis ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), Environmental, Social, and Governance (ESG), dan Strategi Bisnis.(E/Tim).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *