Bersama PJ. Wali Kota Palopo, Dandim 1403/Plp Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 57 total views

PALOPO.Global Investigasi News | Pj.Wali Kota Palopo,Asrul Sani bersama Dandim 1403/Palopo ,Letkol Kabid Bintoro Priyambodo mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Pancasila Jln. Anggrek, Kel. Tompotika, Kec.Wara Kota Palopo 1 Juni 2024

Read More

Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si bertindak selaku Inspektur dan Lettu Inf Ridwan sebagai Komandan Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota membacakan pidato seragam dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

“Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” kata Asrul Sani.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini, kata Asrul, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya.

Keberadaan Pancasila, lanjut Asrul, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Sebagai meja statis, lanjut Asrul, Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” jelasnya.

Lebih dari itu, urai Asrul, mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” ucapnya.

Lebih jauh, kata Asrul, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tutupnya.(***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *