Bupati Dompu Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Berlangsung Meriah.

Loading

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Di lapangan beringin Pemda Dompu ratusan peserta upacara dari berbagai elemen Masyarakat mengambil barisan yang rapi dan tertib di lapangan beringin Kantor Bupati Dompu, seluruh peserta upacara berpakaian khas adat Dompu dengan warna merah,hitam dan putih sehingga tampak upacara tersebut berlangsung meriah dan hikmad.

Selanjutnya pemimpin upacara H.Kader Jaelani mengambil tempat di panggung utama yang hiasi Karpet merah dan umbul-umbul warna merah putih menandai upacara peringatan hari lahir Pancasila pada hari Sabtu, 1 Juni 2024, sekitar pukul 08.00 Wita segera di mulai.

Upacara tersebut di hadiri Bupati Dompu H.Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST.MT, Ketua DPRD Dompu dan Anggota, Dandim 1614 Dompu, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK, Ketua PN Dompu, Kejari Dompu, dan Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra Perantau SKm,MKes dan masing-masing di dampingi Ibu dengan menggunakan pakaian Kabaya adat Dompu.

Selain itu hadir pula Asisten I H.Burhanuddin SH, Staf Ahli Bupati Dompu, Ketua dan Anggota PKK Kabupaten Dompu, Ketua DW dan Anggota Kabupaten Dompu serta Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu H.Rifaid, Kadis PPKAD yang baru Ir Syahroni, Kadis BKD Kabupaten Dompu, Ketua BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Dompu, Kepala Badan Kesbangpoldagri Kabupaten Dompu, Camat se Kabupaten Dompu, Kabag Lingkup Setda Dompu, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Dompu, pimpinan BUMN, BUMD, dan Ormas, Toga, Toma, Toda dan para tamu undangan lainya.

Bupati Dompu H.Kader Jaelani dalam sambutan menyampaikan, puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas ijin jualah sehingga pada pagi yang ceriah kita bisa menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini dalam keadaan sehat walafiat dan tetap semangat.

Lanjut Bupati Dompu, pada hari ini kita dapat memperingati hari lahir Pancasila. Hari Ketika Bung Karno sebagai bapak Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa Indonesia pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2024.”tema ini di maksudkan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan Bahasa dalam menyongsong 100 tahun INDENESIA Emas yang maju mandiri dan berdaulat.”

Lanjut Bupati Dompu, semangat kebangkitan pertama yang telah di tanamkan para pendiri bangsa berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seratus tahun yang lalu, kini kita dihadapkan berbagai tantangan dan peluang baru. Dengan kemajuan tekhnologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini, terangnya.

Lebih dari itu Bupati Dompu mengungkapkan kepada peserta upacara, bahwa inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner di jagad Pertiwi Nusantara tercinta ini. Kemudian banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi, dan adagium di era ini jelas, dia yang menguasai teknologi maka dia pulalah yang akan menguasai peradaban.

Diakhir sambutan Bupati Dompu memaknai dilaksanakan peringatan hari lahir Pancasila, hari kebangkitan Nasional dan hari pendidikan nasional bukanlah dengan perayaan secara seremonial belaka, namun harus di maknai secara historis dan filososis. Karena pemakna historis dan filosofis yang dimaksud di identikan dengan kata berjuang, bukan dengan mengangkat senjata akan tetapi perjuangan melawan kebodohan dan kemiskinan.

Selanjutnya, dalam menyongsong masa depan Dompu yang lebih baik menuju Dompu “MASHUR”( mandiri, sejahtera, unggul dan religius), karena dalam hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, semoga doa dan usaha kita bersama dalam memajukan bangsa, Negara dan Daerah yang baldatun toyyibatun, warrabun Ghafur yang diberkahi dan di rahmati oleh Allah SWT.

“Salam Pancasila! Merdeka..Merdeka, Merdeka dan Dompu…! Nggahi Rawi Pahu, ucap Bupati Dompu berapi- api di hadapan ratusan peserta upacara Hari Lahir Pancasila di lapangan beringin kantor Pemda Dompu.

Usai upacara berlangsung Bupati Dompu bersama Forkopimda melakukan sesi foto bersama sambil bercanda ria dengan seluruh peserta upacara, berlangsung aman dan kondusif, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *