PEMKAB MESUJI MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2024 DENGAN TEMA“PANCASILA JIWA PEMERSATU BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045”

Loading

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos. menjadi Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Pemda Mesuji, Sabtu (01/06/2024).

Read More

Dalam membacakan sambutan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos. atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin membacakan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

”Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ujar nya dalam membacakan sambutan.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” lanjut Syamsudin dalam sambutan BPIP.

Sudah semestinya warga Indonesia patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tutup nya dalam sambutan BPIP.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Hj. Elfianah, S.E., Perwakilan Dandim 0426 Tulang Bawang, Perwakilan Kapolres Mesuji, para Staf Ahli, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Perangkat Daerah dan tamu undangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *