Pancasila Pemersatu Anak Bangsa Kalapas Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila.

 61 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini merupakan momentum untuk memperkokoh kebersamaan, persatuan Kebangkitan di antara anak bangsa, sekalipun di antara kita ada perbedaan. Hal i
tu menandakan bahwa keanekaragaman itu adalah sesuatu yang indah dengan satu prinsip NKRI harga mati. Jiwa dan semangat Pancasila tak perlu di ragukan lagi karena anak Bangsa Indonesia masih terpatri jiwa dan nilai Pancasila yang kuat sampai saat ini.

Sabtu (01/6/24) sekitar pukul 07.30 Wita, jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Upacara ini dilaksanakan pada lapangan utama Lapas Kelas IIB Dompu yang dipimpin oleh Kepala Lapas Dompu, A.Halik serta diikuti oleh Pejabat struktural dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga warga binaan Lapas Dompu.

Momentum Hari Lahir Pancasila tahun ini dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita
dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam
menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.”

Dalam sambutan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu, membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Bapak Yudian Wahyudi mengatakan, bahwa 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila.
Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri
Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada
tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan
Kemerdekaan (BPUPK).

Lebih lanjut, dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang
akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis
global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan
politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong
seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya, tandasnya.

Kemudian di tempat lain Kakanwil Kemenkumham NTB, Bapak Parlindungan menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila harus dapat dipertahankan dan diaktualisasikan dari generasi ke generasi supaya pemahaman ini tidak hanya berhenti pada suatu generasi saja.

Sedangkan Menkumham, Yasonna H. Laoly dalam sejumlah kesempatan menyampaikan, mengajak agar seluruh komponen bangsa untuk
bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui
peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan
berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *