PENYERAHAN MAHASISWA MAGANG DAN KOORDINASI PROGRAM REHABILITASI

 43 total views

Semarang – Jawa Tengah

Read More

Pada hari Rabu, 5 Juni 2024, pukul 14.00 WIB, telah dilaksanakan acara penyerahan mahasiswa magang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo ke Unit IBM
Gempita Gayamsari di Sekretariat IBM Gempita Gayamsari, Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Puspita Jauharil Farra AM, MM, Syamustofa Wipri Sriono, Amd. Kep., Aloysius A. Thobie. A.S., S. Psi., Agasta Irena Effendi, S. Pd. Serta Sekertaris Lurah Gayamsari, Agen Pemulihan IBM Gempita, Mahasiswa Magang UIN Walisongo.

Dalam kegiatan ini, petugas pendamping dari IBM BNNP menyerahkan mahasiswa dari Fakultas Tasawuf UIN Walisongo yang akan mendampingi agen pemulihan dalam pelaksanaan kegiatan di IBM Gempita Gayamsari. Mahasiswa magang memperkenalkan diri dan menyampaikan rencana kerja selama masa magang mereka.

Adapun program kerja yang akan dilakukan adalah: Sosialisasi online dan offline, Melaksanakan observasi lokasi yang diindikasikan rawan, Membuat sekretariat lebih nyaman, Menemukan klien dan memberikan pelayanan dengan konsep “Masyarakat Bahagia Tanpa Narkotika”
serta penawaran terapi pengelolaan emosi. Ungkap Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol. Dr.
H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum. Ketika dihubungi secara terpisah.

Agus menambahkan “Dengan adanya program magang ini, mahasiswa diharapkan dapat
memberikan kontribusi positif dan memperoleh pengalaman berharga dalam bidang pemulihan dan pencegahan penyalahgunaan narkotika.”
Acara ini juga diisi dengan diskusi antara petugas pendamping BNNP, agen pemulihan, dan mahasiswa mengenai rencana program kerja yang akan dilaksanakan di IBM Gempita Gayamsari.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara mahasiswa, agen pemulihan, dan masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan yang bebas dari narkotika.
Di tempat yang berbeda pada hari Kamis, 6 Juni 2024, pukul 10.30 WIB, juga dilaksanakan kegiatan koordinasi antara Lapas Klas I Kedungpane Semarang dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah terkait pelaksanaan rehabilitasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di kantor
BNNP Jateng.

Kepala BNNP Jateng diwakili oleh Bp. Sholikun, MH (Konselor Adiksi Ahli Madya dan Katim
Rehabilitasi), Bp. Sardiyanto, S.Psi (Konselor Adiksi Ahli Muda BNNP Jawa Tengah) sementara dari
Lapas diwakili oleh Petugas Kesehatan Lapas Klas I Kedungpane Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Kerja Bidang Rehabilitasi dan konselor adiksi menerima kunjungan dari petugas kesehatan Lapas Klas I Kedungpane Semarang.
Pertemuan ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan rehabilitasi narkoba bagi warga binaan di Lapas Kedungpane.
Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum melalui Ketua Tim Kerja Rehabilitasi menyambut baik kunjungan ini dan menyampaikan komitmen untuk mendukung program rehabilitasi.
Agus menambahkan “Kami sudah menghasilkan rencana untuk pembuatan jadwal dan kegiatan harian selama warga binaan menjalani rehabilitasi. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam proses pemulihan dan reintegrasi sosial warga binaan setelah menyelesaikan program
rehabilitasi.”.

Koordinasi ini merupakan langkah penting dalam upaya bersama untuk menangani masalah
penyalahgunaan narkoba di dalam lingkungan lapas, serta memberikan dukungan yang diperlukan
bagi warga binaan untuk pulih dan kembali ke masyarakat dengan lebih baik” pungkas Agus

Sumber : Humas BNNP Jateng

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *