Tanamkan Pemahaman Makna Idul Adha Pada WB Agar Menjadi Insan Yang Sabar.

Loading

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Pembinaan kerohanian merupakan salah satu sarana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu Kanwil Kemenkumham NTB untuk terus meningkatkan pemahaman serta pengetahuan warga binaan perihal ilmu agama yang dianut. Salah satunya terlihat dengan berlangsungnya mulai pukul 08.00 WITA s/d selesai yaitu Yasinan dan Do’a bersama yang bertempat di Masjid At-Taubah Lapas Dompu.

Sebelum yasinan dimulai, Bapak Mustamin selaku Kasi Adm. Kamtib menuturkan kepada warga binaan supaya dapat menjaga kebersihan sekitar, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan selalu ditekankan untuk memelihara hubungan baik antar sesama, baik pegawai maupun warga binaan agar kondusifitas dapat tetap terjaga.

Lalu dilanjutkan kembali oleh Plh. Kepala Lapas Dompu, Mamiq Jagat yang menerangkan bahwa, “Ada yang luput dari pelaksanaan Hari raya Idul Adha kemarin, yakni Takbir Muqayyad yang dimana takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus yaitu dikumandangkan setiap ba’da shalat di bulan Dzulhijjah pada tanggal 9-13 Dzulhijjah. 2 hari sebelum hari raya kita disunnahkan untuk Puasa tarwiyah dan arafah, yang dikerjakan pada 8 dan 9 Dzulhijjah,” terangnya.

“Pada Hari raya Idul Adha kita juga disunnahkan untuk tidak makan sebelum pelaksanaan sholat ied. Berbeda dengan Idul Fitri, kita disunnahkan untuk makan dulu sebelum pelaksanaan sholat ied berjama’ah. Diwaktu tasyrik kita dilarang untuk berpuasa, hari tasyrik merupakan istilah untuk tiga hari setelah Idul Adha, yakni 11, 12, dan 13 Dzulhijjah,” imbuh Mamiq Jagat.

Sementara di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham NTB, Bapak Parlindungan menjelaskan Lapas Dompu memiliki Program unggulan pada bidang kerohanian yang harus selalu dikembangkan terus, bahkan sebisa mungkin agar dapat mencetak para penghafal Al-Qur’an dari dalam Lapas.

Kemudian Menkumham, Yasonna H. Laoly dalam sejumlah kesempatan mengatakan, untuk membina dan mendidik warga binaan perlu menggunakan hati. Dengan pelaksanaan bina kerohanian dapat menyentuh hati warga binaan untuk menjadi insan yang lebih di kemudian, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *