Road Show Pemerintah Kelurahan Taman Baru: Edukasi Pajak untuk Kesejahteraan Warga

 28 total views

Cilegon,- Global investigasi News.com – Pemerintah Kelurahan Taman Baru, yang berlokasi di Kecamatan Citangkil, mengadakan kegiatan road show di sebelas RW yang tersebar di seluruh kelurahan Taman Baru.

Read More

Road show ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program dan pelayanan kelurahan untuk mendatangi langsung warga dan memberitahukan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan yang terhutang kepada para Wajib Pajak atau pemilik SPPT,” ungkap Furkon.SE, lurah Taman Baru. Selasa, 9/7/2024.

Menurutnya, SPPT tersebut dibagikan langsung kepada warga agar mereka dapat segera melunasi pajaknya di kantor UPT Pajak Citangkil Ciwandan.

“Peran kelurahan dalam kegiatan ini adalah menyampaikan SPPT kepada warga untuk segera dibayarkan melalui kantor UPT pajak terdekat,” tambahnya.

Kegiatan road show ini menjadi sarana efektif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kewajiban pajak mereka serta mengajak mereka untuk taat membayar pajak demi pembangunan dan kesejahteraan bersama.

“Kami telah membentuk dua tim untuk program ini, tim 1 bertugas di wilayah RW 01 sampai RW 05, sedangkan untuk tim 2 itu bertugas di wilayah RW 06 hingga RW 11 dan jumlah SPPT di wilayah Taman Baru Buku 1 dengan nilai pajak dibawah 100.000 sebanyak 3.338 objek pajak, kalau Buku 2 dengan nilai diatas 100.000 sebanyak 631 objek pajak,” ujar Furkon dengan tegas

Pada setiap titik kunjungan, tim dari kelurahan memberikan penjelasan mendetail mengenai cara perhitungan dan pentingnya membayar pajak tepat waktu.

“Saya merasa senang karena melalui kegiatan ini kami dapat lebih dekat dengan masyarakat dan membantu mereka memahami pentingnya kontribusi pajak dan pelayanan publik,” kata Furkon.

Selain memberikan edukasi, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mendengarkan langsung masukan dan keluhan dari masyarakat terkait dengan berbagai hal, termasuk pelayanan publik di kelurahan mereka.

“Kami sangat mengapresiasi respons positif dari warga yang antusias dalam menerima informasi mengenai pajak ini. Ini menunjukkan kesadaran mereka dalam mendukung pembangunan kelurahan ini,” jelasnya.

Pemerintah Kelurahan Taman Baru berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga dalam membayar pajak secara tepat waktu, sehingga dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan pendapatan daerah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan road show ini direncanakan akan terus dilakukan secara berkala untuk mencakup seluruh RW di kelurahan Taman Baru, sebagai bagian dari upaya kelurahan untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkualitas.

“Dengan adanya upaya pelayanan langsung seperti ini, diharapkan dapat tercipta kondisi di mana masyarakat lebih paham akan peran serta mereka dalam pembangunan dan pengelolaan pajak yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Rozak, seorang warga lingkungan Kedawung, menyatakan bahwa road show yang dilakukan oleh pemerintah kelurahan Taman Baru untuk memberikan SPPT langsung dan edukasi tentang kewajiban pajak sangat berguna bagi masyarakat.

“Ini sangat membantu kita sebagai warga yang belum paham tentang pembayaran pajak bumi dan bangunan, semoga program edukasi dan pemberian SPPT langsung ini bisa terus dilakukan oleh Kelurahan Taman Baru,” ujarnya.
Him/Beni

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *