Site icon GLOBALINVESTIGASINEWS

Kodim 1403/Palopo Gelar Upacara Ziarah Dalam Rangka HUT Ke-79 TNI

Sambut HUT TNI, Kodim 1403/Palopo Gelar Ziarah Nasional di TMP Palopo

PALOPO.Global Investigasi News | Memperingati HUT Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober 2024, digelar Upacara Ziarah Nasional yang dilaksanakan pada Jumat pagi (4/10/2024) di Taman Makam Pahlawan Palopo Jln. dr. Ratulangi, Kel. Salubulo, Kec. Wara Utara Kota Palopo

Ziarah Rombongan oleh Personil Kodim 1403/Palopo dengan tema TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju Diketahui sebelumnya, acara ini menjadi agenda nasional yang dilaksanakan di masing-masing daerah Upacara ziarah nasional

Upacara ziarah Nasional dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1403/Palopo Letkol  Arm Kabit Bintoro Priyambodo. Ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan doa bersama dan ditutup dengan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Acara ini menjadi tradisi kejuangan yang rutin dilakukan oleh prajurit TNI sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah gugur. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat kembali menggugah semangat persatuan, cinta tanah air, dan jiwa nasionalisme untuk generasi penerus bangsa.

Sebagai informasi, hari ulang tahun TNI diperingati setiap tanggal 5 Oktober merujuk pada peristiwa sejarah ditetapkannya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) oleh Soekarno yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Penetapan ini dilakukan pada 5 Oktober 1945. Sementara itu nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) sendiri baru ditetapkan pada 3 Juni 1947.

Tema besar yang diusung TNI pada ulang tahunnya kali ini yakni “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”Logo yang dipublikasikan pun menjadi cerminan kesatuan gerak dari 3 elemen Tentara Nasional Indonesia yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.(***)

Exit mobile version