Site icon GLOBALINVESTIGASINEWS

Kodim 1620/Loteng Gelar Upacara Puncak Peringatan HUT TNI ke-79 di Makodim

Lombok Tengah Globalinvestigasinews Com – Kodim 1620/Loteng menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79 di Lapangan apel sederhana makodim Sabtu, 5/10/2024).

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, unsur Forkopimda TNI, Polri serta perwakilan organisasi kemasyarakatan dan pelajar.

Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara saat membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, mengajak seluruh prajurit TNI dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI.

“TNI tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan negara, tetapi juga berperan aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, hingga kewilayahan terpencil,” ujarnya.

Tema peringatan HUT TNI ke-79 tahun ini adalah “TNI Modern bersama rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju” yang sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Dengan ini kami sebagai prajurit TNI berharap dapat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat serta meningkatkan kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” ucapnya.

Melalui kesempatan tersebut Dandim juga mengingatkan kepada seluruh prajurit, bahwa kita dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi.

“Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya.

“Saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia,” terangnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pemberian tropi dan piagam lomba juara PBB dan bernyanyi dalam rangka HUT TNI ke-79 kepada perwakilan juara dari tingkat pelajar se kabupaten Lombok Tengah.(GIN NTB)

Exit mobile version