Site icon GLOBALINVESTIGASINEWS

KPUD Propinsi Jatim Siapkan Debat Terbuka Disiarkan Televisi Swasta Surabaya

GIN JATIM
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, tengah mempersiapkan pelaksanaan debat terbuka pilkada jatim 2024, yang rencananya diselenggarakan sebanyak tiga kali dalam masa kampanye pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Untuk diketahui, debat Pilkada Jatim 2024 ini akan digelar pada pertengahan Oktober, awal November dan pertengahan November menjelang masa tenang

Komisioner KPU Jatim, Nur Sallam mengatakan, selama masa kampanye pasangan cagub dan wagub Jatim 2024, KPU Jatim akan menyelenggarakan tiga kali debat pilkada yang akan disiarkan langsung oleh sejumlah media televisi swasta.

“Jadi, debat pertama akan digelar pada 18 oktober 2024, debat kedua akan digelar pada 3 november 2024. Sementara untuk debat ketiga akan digelar 16 november 2024 menjelang masa tenang,” ungkap Sallam kepada media saat dikonfirmasi, Sabtu (5/10/2024).

Di sisi lain, komisioner KPU Jatim ini juga menyebut bahwa untuk debat pertama akan difokuskan pada tema kebutuhan dasar, debat kedua akan mengambil tema ekonomi dan infrastruktur. Sedangkan untuk debat ketiga akan fokus pada tema hukum birokrasi dan HAM.

“Ada beberapa tematik yang bakal digunakan pada momentum debat cagub dan cawagub ini. Diantaranya, mengambil tema kebutuhan dasar, ekonomi dan infrastruktur, serta hukum birokrasi dan HAM,” rincinya.

Lebih lanjut Nur Sallam menambahkan, terkait dengan materi debat publik, pihaknya akan melibatkan sejumlah panelis yang terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi untuk nantinya memberikan masukan terhadap materi yang akan diperdebatkan oleh tiga pasang cagub dan cawagub tersebut.

Pewarta Zaka/Husnul

Exit mobile version