Site icon GLOBALINVESTIGASINEWS

“Ormas GIP & GERCIN Lakukan Investigasi, Pekerjaan Proyek Sumur Bor di Kali Maju Desa Padang Manis Kab. Pesawaran Jadi Sorotan ?!”

Globalinvestigasinews.
Pesawaran
Kali kedua tim investigasi gabungan lembaga Garuda Indonesia Perkasa (GIP) dan Ormas Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GERCIN) juga bersama beberapa Media, terjun ke lokasi di mana sumur bor yang berada di Dusun Kali Maju Desa Padang Manis Kecamatan Way Lima kabupaten Pesawaran Propinsi Lampung.

Pada waktu beberapa hari yang lalu, tepat nya hari Rabu 16/10/2024, tim menerima laporan dari masyarakat Dusun Kali Maju Desa Padang Manis, perihal sumur bor yang di lingkungan mereka tinggal bahwa tengki air/toren jatuh dan hancur akibat tiang besi penyanga tengki/toren tersebut tidak kuat menopang beban kapasitas air 2.000 liter yang hampir setara dengan berat beban dua (2) ton.

Bedasarkan laporan dari masyarakat Dusun Kali Maju Desa Padang Manis, bahwa sumur bor tersebut sudah di perbaiki. Akan tetapi pekerjaan nya di duga masih asal jadi, sehingga masyarakat troma dan enggan untuk menggunakan sumur bor tersebut, keluh masyarakat setempat.

Maka tim gabungan investigasi Garuda Indonesia Perkasa Bpk. Yuliansyah dan Ormas Gercin. Bpk Rozi Yuni dan awak media kembali cross chek ke titik dimana sumur bor itu berada, Rabu (23/10/2024)

“Benar adanya apa yang di laporkan oleh salah satu masyarakat Dusun kali maju dengan kami, bahwa sumur bor yang ada di lingkungan mereka sudah di perbaiki, tutur nya Rozi Yuni

” Tetapi ini tidak berbeda dengan awal pembuatan, faktanya kami di sini melihat

  1. Besi tidak di ganti, hanya sekedar
    sambung/las
  2. Toren/tengki air tadi nya kapasitas 2.000 liter
    Sekarang di ganti kapasitas 1.500 liter
  3. Pipa yang di pakai tidak stndart (SNI) dan
    kecil berukuran 1/2 inc
  4. Pemasangan tiang penyangga toren/tengki
    masih jelas terlihat miring, tidak tegak lurus
  5. Hamparan lantai bawah tiang penyangga
    sangat tipis dan masih di tumbuhi pohon pisang.

Lanjut “Ini kan belum di serah Terima dengan masyarakat, tetapi kerjaan ini sangat amburadul di duga kuat jauh dari spesifikasi. Dan dari mana sumber anggaran dan pekerjaan siapa, tidak jelas sumbernya, maka sangat kuat dugaan kami, kalau dana nya di korupsi oleh oknum pemborong, terliat di lokasi pekerjaan tidak ada batu prasasti, tegas nya.

Informasi dari salah satu warga setempat, (YS) menuturkan.
” Saya coba baru terisi air 1/2 tengki, tiang penyangga mengeluarkan suara, akhir nya listrik saya matikan kemudian air di tengki nya saya kering kan lagi, saya takut ambrol dan tiang nya rubuh lagi,. Ungkap nya

“Harapan kami, selaku masyarakat agar sumur bor itu di perbaiki lagi.tapi yang kuat kualitas kerjaanya bagus ,sehingga kami khusus nya Dusun kali maju bisa menggunakan nya dengan baik dan tidak was-was Tegasnya…!

(Tim)

Exit mobile version