Lapas Dompu Rutin Laksanakan Pembinaan Rohani Bagi Narapidana

Loading

Dompu.NTB.globalinvestigasinews.com.

Read More

Untuk memperat silaturahim sesama warga binaan khusus Narapidana beragama Islam,Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu rutin melakukan Pembinaan kerohaian, Rabu (30/8/23) sekira pukul 09.15 Wita.

Tampak warga binaan yang beragama Islam dengan semangat kebersamaan dapat mengikuti acara pembinaan ini dengan khusu sampai selesai, sedangkan bagi warga binaan non muslim dapat melaksanakan kegiatan pembinaan rohani sesuai caranya masing-masing. Sehingga hak pembinaan rohani bagi warga binaan di dalam lapas dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan pembinaan rohani bagi warga binaan yang muslim berlangsung di mesjid At, taubah Lembaga Pemasyarakatan kelas II B, tepatnya di Desa Nowa Kecamatan Woja Kabupaten Dompi,” papar Kalapas Dompu pada awak media tadi siang.

Lanjutnya, Tujuan Pembinaan kerohanian tersebut dimaksudkan untuk memenuhi salah satu hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Selain itu juga sebagai bekal untuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik di dalam Lapas maupun ketika sudah kembali kepada masyarakat, jelasnya dengan serius.

Kemudian selama berlangsung kegiatan tersebut warga binaan tetap diawasi dan dibina langsung oleh Kalapas Dompu dan Pejabat struktural.

Selain itu di ilibatkan juga seluruh pegawai Lapas sehingga giat ini diharapkan dapat membangun komunikasi positif dengan warga binaan serta mempererat silaturahmi dan berdiskusi guna membentuk kesadaran WBP agar tergerak untuk lebih banyak melakukan hal-hal positif di dalam Lapas.

“Giat ini dimaksudkan agar tidak kesenjangan antara warga binaan dengan seluruh aparat Lapas Lapas Dompu”ujar Halik sapaan akrab Kalapas Dompu pada saat pembinaan rohani.

Sebelum memulai yasinan bersama, Kalapas Dompu menuturkan kepada Warga binaan agar senantiasa bersemangat dan penuh suka cita dalam mengikuti Pembinaan kerohanian yang rutin dilaksanakan setiap rabu pagi tersebut, sehingga apa yang dihajatkan dapat di terima dengan baik dan dilaksanakan sebagaimana yang harapkan.

Lewat kegiatan ini pula Kalapas Dompu sangat berharap Warga binaan Muslim dapat muhasabah diri dan memahami lebih dalam tentang agama Islam serta dapat menjadi insan yang semakin baik kedepannya, baik selama manjalani hukuman maupun ketika kembali ke masyarakat kelak, terangnya.

Masih Halik, kebiasaan baik yang sudah pernah di lakukan di sini akan menjadi modal yang bermanfaat untuk di jalani dengan baik pula di kemudian hari, pungkas Kalapas Dompi. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *