Posyandu Remaja: “Pentingnya Kesadaran Generasi Muda Dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan”

 134 total views

MINUT, GLOBALINVESTIGASINEWS.COM ~
Dalam menjalankan Program Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terkait dibidang Kesehatan, Pemerintah Desa Kolongan Kecamatan Kalawat hari ini melaksanakan Kegiatan “Posyandu Remaja”, serta membagikan Makanan dan Buah Sehat bagi 80 Remaja Desa Kolongan di Balai Desa Kolongan, Selasa (18/06/2024).

Read More

Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya kepada remaja juga mempromosikan gaya hidup sehat, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pada periode remaja,
Pemerintah Desa Kolongan Kecamatan Kalawat mengadakan Posyandu Remaja yang diadakan di balai desa Kolongan, yang dihadiri oleh Remaja lingkungan 1 sampai dengan lingkungan 6, berjumlah 80 orang.

Pembukaan kegiatan disampaikan oleh Pemerintah Desa Kolongan, bpk. Johanis J. Wangania. Dalam penyampaiannya, bahwa kegiatan ini tentunya sangat penting mengingat generasi kita terlebih khusus para remaja yang mulai beranjak dewasa, perlu adanya perhatian lebih, baik dari orang tua dirumah, guru disekolah, terlebih penting peran kami sebagai pemerintah desa dalam mengayomi serta memberikan arahan-arahan yang positif serta membuka wawasan para remaja baik itu tentang Kesehatan, Sumber Daya Manusia, terlebih khusus dibidang teknologi yang tentunya juga sangat mempengaruhi dari semua aspek kehidupan.

“Tentunya hal ini sangat penting untuk dilaksanakan oleh pemerintah desa, terkait dengan aspek kehidupan bagi masyarakat khususnya para generasi kita yang saat ini mulai beranjak dewasa. Diingatkan bahwa Pentingnya peran orang tua saat anak-anak ini dirumah, saat mereka disekolah peran guru sangat penting terutama dalam pemberdayaan peningkatan sumber daya manusia dari para generasi. Juga tak kalah penting peran pemerintah dalam menjaga serta berhak memberikan arahan-arahan yang positif demi perkembangan anak remaja didesa kolongan,” jelas Hukum Tua Desa Kolongan.

Pengarahan selanjutnya disampaikan oleh pihak Kesehatan Desa Kolongan, oleh ibu Kristina Murni.

Tujuan Posyandu Remaja adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada remaja dan mempromosikan gaya hidup sehat serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pada periode remaja.

Beberapa tujuan dari Posyandu Remaja antara lain:

  1. Pencegahan Penyakit: Melakukan deteksi dini berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi pada remaja serta memberikan edukasi tentang pencegahan penyakit.
  2. Peningkatan Gaya Hidup Sehat: Memberikan informasi dan penyuluhan mengenai pola makan sehat, olahraga, dan perilaku hidup sehat lainnya agar remaja dapat memiliki gaya hidup yang mendukung kesehatan.
  3. Pemberdayaan Remaja: Mengajarkan remaja untuk bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dan membuat keputusan yang bijak terkait kesehatan dengan cara memberikan informasi yang akurat dan mudah dipahami.
  4. Konseling dan Layanan Psikologis: Memberikan layanan konseling dan dukungan psikologis kepada remaja dalam mengatasi permasalahan emosional, sosial, atau mental yang mungkin mereka hadapi.
  5. Promosi Kesehatan Reproduksi: Memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi, termasuk pentingnya pemahaman tentang seksualitas, perlindungan diri, dan pengendalian kehamilan.
  6. Mendorong Partisipasi Aktif: Mendorong remaja untuk aktif terlibat dalam kegiatan Posyandu Remaja dan program-program kesehatan yang diselenggarakan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan remaja.

“Dengan tujuan ini, diharapkan Posyandu Remaja dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja serta membantu mereka tumbuh dan berkembang secara optimal selama periode remaja,” jelas Kristina.

Acara Kegiatan diakhiri dengan pembagian makanan sehat kepada 80 remaja yang hadir.

Hadir dalam Kegiatan tersebut , Pemerintah Desa Kolongan beserta Staff perangkat desa, serta Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Sub Bidang Kesehatan & Bidang Penyelenggaraan Posyandu Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara.

(DKL/GIN-SULUT)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *