BPI KPNPA RI Apresiasi Kasus Korupsi Dana Hibah di PMI Riau Naik Ke Penyidikan

 30 total views

Pekanbaru – Riau 03 Juli 2024

Read More

BPI KPNPA RI Apresiasi Kasus Korupsi Dana Hibah di PMI Riau Naik Ke Penyidikan

Adv Haji M Nawawi SH Korwil BPI KPNPA RI Riau menyampaikan Apresiasi dan dukungan kepada Kejaksaan Tinggi Riau sudah menaikkan status penyelidikan Kasus korupsi dana hibah PMI ke Penyidikan , dalam kesempatan wawancara dengan awak media di Pekanbaru , Adv Haji M Nawawi SH menyampaikan dari BPI KPNPA RI sangat mendukung kinerja Kejaksaan Tinggi Riau terus mendalami penyidikan kasus dugaan korupsi dana hibah di Palang Merah Indonesia (PMI) Riau.

Kita mengetahui bahwa Jaksa penyidik yang menangani kasus tersebut sudah melakukan pemeriksaan beberapa saksi yang ada kaitan dengan kasus korupsi dana hibah PMI Riau seperti diketahui Dalam proses penyidikan, jaksa telah meminta keterangan 30 orang saksi

Penanganan perkara ini dilakukan tim jaksa penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.  Penanganan perkara ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan pada pertengahan Mei 2024.

“Lebih kurang 30 orang saksi (sudah diperiksa),” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Iwan Roy Charles, Selasa (2/7/2024).

Roy mengatakan, saksi yang diperiksa bakal bertambah. Pasalnya, tim penyidik telah mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi lainnya.

“Masih ada (saksi yang akan diperiksa). Proses pemeriksaan dilakukan secara maraton,” kata Roy.

Jika semua saksi telah diperiksa, lanjut dia, proses berikutnya masuk pada tahap penghitungan kerugian keuangan negara. Proses tersebut akan dilakukan oleh tim auditor yang ditunjuk.

“Doakan semoga penyidikan perkara ini segera rampung,” pungkas mantan Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Dumai tersebut.

Dari informasi dihimpun, dana hibah yang diusut itu dimulai dari tahun 2019 hingga 2022 dengan nilai Rp5 miliar. Dana  berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau.

Dalam penanganan perkara imi, saksi yang dipanggil diantaranya dari Pemerintah Provinsi Riau dan PMI Riau, termasukl mantan Ketua PMI, Syahril Abu Bakar.

BPI KPNPARI Riau dalam waktu dekat akan memberikan penghargaan BPI Award kepada Kejaksaan Tinggi Riau atas kepuasan publik terhadap Penuntasan Kasus Kasus Korupsi di Riau yang sempat mandeg dan sekarang sudah naik ke tahap Penyidikan tutup Adv Haji M Nawawi SH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *