“Satu Titik Proyek Dana Desa Toto Projo Tanpa Ada Papan Informasi, Jadi Sorotan Publik ?!”

Loading

Lampung Timur Global Investigasi News.

Read More

Sesuai dengan undang-undang penggunaan dana desa (DD) harus diinformasikan secara terbuka kepada Publik. Namun, masih dijumpai di Desa Toto Projo dalam wilayah Kecamatan Way Bungur Lampung Timur yang tidak mematuhi dan melaksanakan ketentuan itu, tidak menginformasikan keterbukaan soal penggunaanya.

Proyek 2 Titik di Pembangunan TPT, 1 Titik Lokasi & Nilai Pekerjaannya yang tidak jelas berapa anggarannya dan sumber anggaran, sehingga masyarakat tidak bisa mengawasi.

Terpantau awak media setelah Turun kelokasi Dusun 3 Desa Toto Projo, 1 Titik Proyek segera Memasang Papan Informasi, terpampang Jenis Kegiatan nya Pembangunan TPT dengan Ukuran Panjang 45 Meter dengan Pagu Anggaran Rp.45.370.000,- , namun di satu Titiknya tidak ditemukan papan informasi proyek tersebut, Rabu (03/07/2024).

Informasi yang dihimpun Media Online Global Investigasi News. bahwa menurut warga sekitar, proyek tersebut di kerjakan secara Gotong Royong, namun kami saat Gotong Royong waktu itu belum melihat adanya papan informasi proyek, ” Ujar Warga setempat yang enggan disebutkan namanya.

Faktanya setelah Wartawan turun kelokasi Dusun 3, Satu (1 ) Titik Pekejaan proyek ini masih tidak dilengkapi dengan papan informasi, layaknya sebuah proyek yang mencantumkan jenis pekerjaan, sumber dana dikerjakan oleh perusahaan apa, serta kapan selesainya proyek tersebut, tidak terlihat papan informasi.

Padahal menurut Arip Setiawan seorang Aktivis yang mendampingi awak Media Global Investigasi News, menegaskan, bahwa papan informasi merupakan penjabaran keterbukaan dari pekerjaan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Toto Projo, selain itu, peran masyarakat juga harus dilibatkan, turut pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan, ” Tegas Arip.

Masih di tempat Lokasi Pekerjaan Pembangunan TPT, wartawan Konfirmasi ke TPK Desa Toto Projo melalui Telepon Selular, TPK ini menjawab belum bisa di komfirmasi dengan alasan masih di tempat hajatan, namun saat di hubungi kembali TPK ini malah Memblokir Nomor awak Media Global Investigasi News.

Ditempat terpisah, Kembali mencari keterangan kepada Sekretaris Desa setempat melalui Telepon Selular dan Whatsappnya, terkait Proyek Pembangunan 2 Titik di Desa Toto Projo menggunakan dana apa? kok 1 Titik nya tidak ada papan informasinya, dijawab dan di akui oleh Sekretaris Desa mengatakan, masih menggunakan Dana Desa, adapun jenis Kegiatan Titik ke dua masih menyambung ke Titik yang pertama dengan Panjang 180 Meter, nilai pagu anggarannya Rp. 156.910.000,-, dan Papan Informasi emang belum kita pasang, kembali di akui Sekretaris Desa bahwa Pembangunan itu dilaksanakan secara Gotong Royong karena kesadaran para warga Petani pemilik lahan sekitar Pembangunan Proyek tersebut,” Imbuh Sekdes Toto Projo.

Sementara saat awak Media konfirmasi kepada Kepala Desa Toto Projo melalui Telepon selularnya (Rabu 3 Juli 2024), yang bersangkutan menjawab belum bisa bicara banyak karena lupa, apalagi saat ini masih dalam perjalanan Pulang dan akan kembali menghubungi awak media,” Ujar Isam Kades Toto Projo Kecamatan Way Bungur.
(Hairul Ali)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *