TPS3R PLUS DESA PADAMUKTI Sebagai Projek Percontohan Pemilahan Sampah Yang Sangat Baik Di Kabupaten Bandung.

 137 total views

Kab.Bandung,Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat bersama Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Acara sosialisasi pemilihan sampah TPS3R Yang Sangat Baik bermanfaat menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Read More

Kegiatan tersebut dihadiri Perwakilan DPMD Provinsi Jawa Barat,Forkopimcam Kecamatan Solokan Jeruk ,Pemdes Desa Padamukti ,Kepala Desa Padamukti Unang Rubaman Ketua Tim Peneliti Dari UI , DR.Reni Suwarso (Dosen Fisip Universitas Indonesia) dan Didampingi Ketua Tim 7 Iwan Risnawan ,didukung Tim ProBSF yang menangani pegolahan sampah kemasan.

Dilaksanakan pada Hari ,Rabu 3 Juli 2024.Di TPS3R PLUS Desa Padamukti Kec.Solokan Jeruk Kabupaten Bandung.

Dalam sambutannya DR.Reni Suwarso Yang Merupakan Dosen Fisip UI.Mengatakan bahwa pada hari ini,kami bersama tim khusus memberikan pemahaman tentang bagaimana cara pemahaman pengelolaan sampah organik dan sampah non organik dengan baik,bagi masyarakat sekitar ,Ibu-ibu rumah tangga dan remaja putra dan putri di wilayah TPS3R PLUS Desa.Padamukti Kecamatan Solokan Jeruk.

Selain itu juga dijelaskan bagaimana cara pemilahan untuk jenis sampah-sampah lainnya,seperti sampah daun,ranting ,sisa makanan keras,hingga sampah ukuran besar,setiap jenis sampah diberikan saran penempatan yang sesuai dan cara untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai.

Tentunya TPS3R di desa padamukti ini ,melayani dua yang sampah organik nanti akan di kumpulkan untuk magot,sedangkan di gedung BSM menggunakan lalat yang nantinya menghasilkan telur yang nantinya akan digunakan untuk ternak,seperti ayam,burung ,ikan dan bebek sehingga nantinya binatang ternak kita akan sehat dan berprotein.

Sedangkan untuk plastik akan dilebur ,akan diolah menjadi barang yang bermanfaat,seperti gantungan kunci,menjadi tatakan gelas,dan batu bata,intinya akan menghasilkan barang bermanfaat,bernilai ekonomis.

Dengan harapan kedepan TPS3R ini akan menjadi Projek percontohan yang sangat baik ,memberikan edukasi bagi TPS3R yang lainnya.

Dan kami juga sampaikan pada masyarakat,Ibu-ibu TP PKK ,Putra-putri remaja,Pemdes Padamukti,kepala Desa,yang telah sama berkontribusi dan bekerjasama, berperan aktif dalam memilah sampah organik dan non -organik, Alhamdulillah masyarakat sangat antusias melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilihan sampah dengan baik.Pungkasnya.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *