Benarkah, “Pelayanan Buruk Puskesmas Banjit Yang Berlogokan UGD 24 Jam, Tak Ada Satupun dr. Jaga Pada Malam Hari ?!”

 44 total views

Way kanan- Lampung
.globalinvwstigasinews.com

Read More

Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) adalah salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan.
Puskesmas memiliki layanan UGD 24 jam dengan dokter jaga, beberapa perawat yang handal dan selalu siap melayani.
Tujuan dari pelayanan gawat darurat ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama bagi pasien yang datang dan menghindari berbagai resiko.

Namun hal di atas berbalik 100° (derajat) dengan pelayanan yang ada di puskesmas Banjit, kabupaten Way kanan, Lampung.
Hal buruk menimpa salah satu pasien yang berasal dari kampung Juku Batu, kecamatan Banjit, kabupaten Way Kanan.

Pasien bernama Marlena mengalami sakit di bagian dada dan mengalami sesak nafas,oleh keluarganya pasien di bawa menuju Puskesmas Rawat inap (UGD 24 jam) kecamatan Banjit pada Kamis (4/7/2024).
Setibanya di puskesmas Banjit keluarga pasien sangat kecewa karena tidak ada satu pun dr jaga di Puskesmas yang berlogokan UGD 24 jam itu,pasien hanya ditangani oleh perawat dan bidan yang jaga,usai di pasang infus dan di berikan obat pasien diberikan surat rujukan ke Rumah sakit Haji Kamino Baradatu oleh perawat dan Bidan.

Rahman salah satu keluarga pasien yang juga Jurnalis menyaksikan sendiri apa yang terjadi dengan keluarganya,saya tiba di puskesmas Banjit pada pukul 20.30 Wib,setibanya di puskesmas tak ada satu pun dr jaga yang berada di tempat”padahal sudah jelas Puskesmas Banjit Berlogokan UGD 24 jam,masa ia puskesmas sebesar ini tidak ada satupun dr Jaga,”Ucapnya.

Sempat saya bertanya kepada perawat dan bidan yang ada ! dr jaga nya kemana..?
Salah satu dari mereka menjawab bahwa di puskesmas Banjit tidak ada dr jaga nya saat malam hari “kami hanya berkomunikasi lewat sambungan telpon kepada dr jika ada pasien di malam hari”.

Saya selaku pihak keluarga sangat kecewa dengan pelayanan yang ada di puskesmas Banjit,saya selaku pihak keluarga dan jurnalis di kabupaten Way kanan berharap kepada pemerintah Daerah kabupaten Way kanan melalui Dinas kesehatan Kabupaten Way Kanan untuk dapat menegur keras dan membenahi buruk nya pelayan puskesmas Banjit yang berlogokan pelayan 1 kali 24 jam tersebut”(Rahman,GIN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *