Jadi Salah Satu Madrasah yang Lolos Penilaian TPI, MTs. Negeri 1 Pati Ikuti Penilaian TPN ZI WBK 2024.

Loading

Pati – Menjadi satu-satunya MTs se-Jawa Tengah yang lolos pada penilaian internal pembangunan zona integritas (ZI) oleh tim penilai internal, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengikuti kegiatan penguatan dan pembinaan satker calon pilot project ZI-WBK/WBBM tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (18/7) di Graha Majeng Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Read More

Dalam pembinaannya, Musta’in Ahmad, Kakanwil Kemenag Jateng membagikan 5 kunci sukses WBK-WBBM. Ia pun berpesan agar para calon pilot project ZI dapat mempersiapkan strategi inovasi dalam menghadapi langkah selanjutnya.

“Lima kunci sukses WBK-WBBM adalah komitmen pimpinan, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi, dan manajemen media. Untuk itu, lakukan upaya inovasi, harus ada perubahan before-afternya,” ungkap Musta’in.

Kegiatan penguatan dan pembinaan turut dihadiri Nurkholis, Ketua Tim Kerja Organisasi dan Tata Laksana, Zaimatul Chasanah selaku Ketua Tim Kerja Kerukunan Umat Beragama, dan Siti Mutmainah, Ketua Tim Tenaga Kependidikan.

Selain MTsN 1 Pati, kegiatan ini juga diikuti 6 satker kemenag dan 13 madrasah se-Jateng yang dinyatakan lolos dan menuju TPN.

Zaima menyatakan, MTsN 1 Pati sudah memiliki modal yang sangat bagus dilihat dari torehan prestasi baik guru maupun siswanya.

“Tinggal bagaimana menerapkan dalam pembiasaan-pembiasaan keseharian, itulah dalam pembangunan ZI,” ujarnya.

Disampaikan Zaima, pembangunan ZI merupakan perubahan mindset dan culture-set dalam menegakkan integritas agar menjadi lebih baik.

“Karena bagaimana pembangunan ZI ini adalah kita merubah mindset, merubah culture-set yang biasanya mungkin masih ada kekurangan di dalam menegakkan integritas, disiplin, dan sebagainya akan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Syafak, menyatakan rasa syukur madrasah yang ia pimpin lolos TPI menuju TPN.

“Alhamdulillah, ini adalah berkah yang luar biasa. Insyaa Allah kami persiapkan dengan sebaik mungkin. Dengan mengharap rahmat Allah, semoga diberi kemudahan untuk jalan berikutnya,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa di Indonesia ada 3 MTsN yang maju ke penilaian TPI, yaitu MTsN Karangasem Bali, MTsN 9 Bantul DIY, dan MTsN 1 Pati Jawa Tengah. Dari ketiga MTsN itu ada dua MTsN lolos dan berhak melaju ke penilaian TPN 2024 yaitu MTsN 9 Bantul dan MTsN 1 Pati. Dengan demikian MTsN 1 Pati menjadi satu- satunya Madrasah Tsanawiyah di Jawa Tengah yang lolos ke penilaian TPN oleh Menpan RB bulan Agustus yang akan datang.

Sumber : Kepsek MTS N 1 Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *