Peringatan HUT TNI Ke-79 Di Berlangsung Khikmad, Irup Dandim 1614 Dompu.

Loading

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Detik-detik peringatan Hari Ulang Ulang Tahun Ke 79 Tentara Nasional Indonesia berjalan tertib dan hikmad, dan sebagai inspektur upacara Dandim 1614 Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati ST.MM, serta Komandan upacara Kapten Czi.Arif Budimansyah Danramil 1614-01 Dompu.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu ( 05/10/ 2024 ) sekitar Pukul 08.16 Wita, Bertempat di Lapangan Makodim 1614/Dompu Jln. A. Yani Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu bertajuk “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Sukses Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju,” yang dihadiri oleh Undangan berjumlah sekitar 350 orang peserta upacara.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Pjs. Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti Ap, M,Si, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati ST.M.M, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnaen S.IK, Ketua DPRD Dompu Bpk. Andi Bahtiar A.md Par, Kejari Dompu Burhanudin SH dan Kepala Pengadilan Negeri Dompu I Ketut Darmapawan SH serta Kepala Kemenag Dompu Drs H Samsul H. Ilyas, dan Ketua MUI Dompu Drs. Moch. Nashui. Selain itu turut hadir pula
Kadis Pol- pp Dompu Sukardin S. sos, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten Dompu, Camat dan Kades SE – Kabupaten Dompu serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor urut 02 H. Abdul Kader Jaelani – H. Syahrul Parsahan ST. MT. (Paket AKJ – SYAH), Paslon Bupati Dompu No. Urut 01 Bambang Firdaus SE – Sirajuddin SH (Paket BBF/JD).

Sedangkan peserta upacara yang mengisi halaman apel Makodim Dompu antara lain, 3 SST Personil 1614/ Dompu, 1 SST Personil Brimob Dompu, 1 SST Personil Polres Dompu, 1 SST Anggota Komcad Dompu, 1 SST Anggota Pol – pp Dompu dan 1 SST Anggota Dinas perhubungan, 1 SST Anggota Dinas Sosial, 1 SST Organisasi ORARI, 1 SST Dinas Kehutanan serta 3 SSK Anggota Pramuka SMP dan SMA Dompu.

Dandim 1614 Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati ST membacakan sambutan Panglima TNI sebagai berikut. Sebagai insan yang beriman dan bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa sepatutnya kita mengucapkan syukur Alhamdulillah karena atas segala limpahan rahmat dan karunianya sehingga pada hari ini kita dapat menyelenggarakan upacara peringatan hari ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia tahun 2024 dalam keadaan sehat walafiat. Peringatan HUT TNI kali ini mengambil Tema “TNI modern bersama rakyat siap mengawal kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju”, tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional responsif integratif modern dan adaptif dalam menjaga serta mengawal hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan kemajemuan para prajurit.

Masih papar Dandim 1614 Dompu bahwa Perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan semakin Kompleks selain menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru juga membawa dampak dalam bidang kehidupan.

“Perkembangan sesuatu ini harus terus mengikuti dan menjadi dasar dalam dalam menyiapkan kapabilitas TNI dan waktu ke waktu untuk itu TNI perlu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi TNI yang modern.”

Selain itu prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur Mahir membela diri taktis sekaligus Mampu mengoperasikan dan memelihara alusista yang berteknologi tinggi dan mutahir.

Hal ini dapat terwujud maka transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di Kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu kepercayaan para prajurit.

Pada momen yang bersejarah dan crusial ini, saya ingin mengingatkan kepada seluruh prajurit bahwa kita dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi sekecil apapun tingkat dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang nasional dan tentara yang profesional.

Oleh karena itu prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja secara ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya, memanfaatkan peluang memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, melalui berbagai program yang sudah kita laksanakan dan akan terus kita laksanakan dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong royong dan Sinergi bersama komponen bangsa lainnya, tandasnya.

Pada momentum ini saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari seluruh rakyat Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat yang ada di wilayah hukum Kodim 1614 Dompu.

Para peserta upacara dan hadirin sekalian yang luar biasa pada suasana penuh kebahagiaan ini saya mengajak seluruh prajurit dan keluarga besar TNI untuk memberikan apresiasi yang tulus kepada bapak presiden republik Indonesia Joko Widodo atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun ini dan mari kita sambut Bapak Jenderal TNI Prabowo sebagai Presiden terpilih untuk lima tahun akan datang. Dan Ia yakin pada masa kepemimpinan beliau nanti TNI akan semakin kuat dan akan disegani oleh Negara-Negara di Dunia.

Di akhir membacakan amanat tersebut, Dandim 1614 Dompu menekankan beberapa poin penting antara lain. Memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah, Mempertahankan dan dekatkan komunitas TNI serta ke manunggalan TNI dengan rakyat agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang berbhineka Tunggal Ika, Tingkatkan kewaspadaan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan, Bangun koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah semua organisasi maupun komponen bangsa guna menjamin terlaksananya Pilkada serentak yang aman tertib dan lancar dan
Laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan hindari segala bentuk tindakan melawan hukum karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan Negara, dan usai membacakan amanat,upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke 79 di tutup dengan pembacaan Doa.

Kemudian di tempat yang sama Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK bersama anggotanya memberikan Quetar ucapan HUT TNI Ke – 79 Tahun kepada Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati ST.M.M, sambil mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI yang ke 79, semoga tetap jaya dan semakin dicintai oleh seluruh rakyat Bangsa Indonesia.

Upacara peringatan hari ulang tahun ke 79 Tentara Nasional Indonesia di lapangan apel Makodim Dompu berlangsung hikmad dan aman, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *