Mantapkan Ruh IKM, MTs Negeri 1 Pati Hadirkan Narasumber Andal

Loading

Pati – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi peserta didik, MTsN 1 Pati menggelar kegiatan Diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Read More

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru MTsN 1 Pati dan Kepala Madrasah se-KKMTs 01 Pati ini berlangsung pada Sabtu (12/10) di aula madrasah.

Sebelumnya kegiatan Diseminasi ini sudah diberi penguatan oleh Kasubdit Kurev KSKK Kemenag, dilanjutkan pada hari kedua oleh Kepala Madrasah dan Waka Kurikulum. Pada hari ketiga menghadirkan narasumber andal, Ameliasari Tauresia Kesuma, Guru MAN Salatiga yang juga seorang instruktur nasional. Kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di madrasah masing-masing.

Kegiatan diseminasi dikemas secara asyik dan menarik. Para peserta dibuat kelompok agar lebih mudah dan menambah semangat saat berdiskusi. Antusiasme para peserta pun terlihat aktif saat mempraktikkan modul yang disuguhkan oleh Amel.

Pada kesempatan ini, Amel juga menjelaskan bahwa dalam implementasi Kurikulum Merdeka tidak terfokus terhadap kompetensi saja melainkan pada pengembangan karakter peserta didik. Di samping itu, Amel juga memberikan materi tentang pembelajaran berdiferensiasi, melakukan penguatan pelaksanaan P5RA, serta meminta para peserta untuk memberikan kesan terhadap IKM yang saat ini menjadi kurikulum nasional.

Sebelumnya, kegiatan diseminasi dibuka oleh Kepala Kakankemenag Kabupaten Pati, Ahmad Syaikhu. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi lantaran kegiatan diseminasi IKM diselenggarakan.

“Kami mengapresasi atas terlaksananya kegiatan diseminasi yang diikuti oleh seluruh guru MTsN 1 Pati dan Bapak-Ibu Kepala MTs se-KKMTs 01 Pati ini. Luar biasa, semoga bisa ditularkan sehingga MTsN 1 Pati dan KKMTs 01 Pati bisa menjadi contoh bagi madrasah-madrasah lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pati,” ujar Syaikhu.

Lebih lanjut, Syaikhu menyebutkan bahwa pedoman implementasi Kurikulum Merdeka yang tertuang pada KMA No. 450 Tahun 2024 sudah sangat bagus.

“Dari latarbelakangnya saja sudah sangat bagus dan akan menjadi luar biasa lagi jika setiap madrasah bisa menerapkan pedoman tersebut di madrasah masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Wahyu Hidayat, Kepala MTsN 1 Pati menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju dalam dunia pendidikan.
“Kami berharap melalui kegiatan ini, seluruh guru MTsN 1 Pati dan juga Bapak-Ibu Kepala Madrasah dapat lebih memahami dan mengimplementasikan Kurikulum
Merdeka dengan baik. Sehingga, pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di madrasah Bapak-Ibu sekalian, khususnya di MTsN 1 Pati ini,” tutupnya.

Sumber hhumas_mtsn1pati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *