Wujudkan Siswa dan Guru Melek Jurnalistik, MTs. Negeri 1 Pati Kembali Gelar Workshop

Loading

Pati – Sebagai wujud komitmen dalam mengembangkan potensi siswa, MTsN 1 Pati kembali menggelar Workshop Jurnalistik Dasar. Menghadirkan narasumber M. Noor Efendy, Ketua PWI Pati. Workshop yang diikuti 61 siswa ini berlangsung di Aula MTsN 1 Pati pada Sabtu (19/10).

Read More

Kepala MTsN 1 Pati, Wahyu Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mendukung dan bangga terhadap bakat menulis yang dimiliki oleh siswanya.

“Bakat menulis itu tidak dimiliki semua orang, jadi perlu diasah dan dibiasakan setiap hari. Dengan kalian menulis, menghasilkan karya yang luar biasa, yang bisa dinikmati oleh semua orang, maka bisa membuat madrasah ini menjadi madrasah yang maju, bermutu, dan mendunia,” ujarnya.

Dalam workshop kali ini, para siswa diajarkan mengenai dasar-dasar jurnalistik yang meliputi pengenalan jurnalistik, unsur-unsur berita, hingga cara penulisan berita yang baik dan benar. Selain itu, para siswa juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh.

Ditemui usai acara, Effendy menyebutkan bahwa para peserta workshop antusias mengikuti jalannya kegiatan.

“Tingkat literasi siswa MTsN 1 Pati ini cukup bagus, tinggal bagaimana ada kemauan dari mereka dan kemudian dimotivasi untuk lebih bisa mengembangkan skill jurnalistik itu,” ucapnya.

Efendy juga berpesan agar para Jurnalis MTsN 1 Pati ini tidak pernah berhenti belajar dalam menulis.

“Kalau sekali saja kita tidak berlatih maka hasilnya akan berbeda. Menurut saya menulis adalah jendela untuk kemudian kita merengkuh dunia. Untuk itu, bersama-sama tetap belajar sepanjang hayat,” pungkasnya.

Sementara itu, Seksi Jurnalistik MTsN 1 Pati, Sri Lestari, menjelaskan bahwa kegiatan workshop jurnalistik juga menjadi salah satu agenda untuk menyemarakkan bulan bahasa yang jatuh pada bulan Oktober.

“Salah satunya kita semarakkan dengan kegiatan workshop ini dan Alhamdulillah berjalan lancar, anak-anak semangat mencari tahu tentang jurnalistik dengan bertanya kepada narasumber,” jelasnya,

Tari menegaskan, di era digital saat ini ilmu jurnalistik bagi siswa sangat penting. Menurutnya, dengan menguasai jurnalistik, siswa dapat berpikir kritis, menganalisis informasi, dan dapat menyampaikan pendapat dengan baik.

“Harapan kami tentu kegiatan ini bisa menjadi langkah awal bagi anak-anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang jurnalistik. Di samping itu juga, mereka bisa menjadi generasi muda yang cerdas dan kritis,” tutupnya.

Anjelita Nurli Ramadhina, Ketua Jurnalistik Kerren MTsN 1 Pati mengaku bahwa kegiatan workshop jurnalistik ini sangat bermanfaat dan penting bagi dirinya serta siswa lain yang baru bergabung.

“Bimbingan awal yang bisa menjadi dasar pengetahuan di bidang jurnalistik bagi saya dan teman-teman yang baru bergabung. Semoga kami bisa terus berkarya untuk mengembagkan bakat yang kami punya,” tandasnya.

Sumber humas_mtsn1pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *