Pilkades Serentak Diikuti 104 Desa Di Kabupaten Sumba Barat Daya

 610 total views

Pemilihan serentak Kepala Desa (Pilkades) Diikuti 104 Desa Dari 11 Kecamatan Yang Tersebar Di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur Pada Bulan Juli 2021 Mendatang

Read More

Tambolaka NTT, GlobalInvestigasinews.Com-Pilkades Serentak di Sumba Barat Daya ini menjadi harapan baru agar masyarakat memilih pemimpinnya yang benar-benar berani, jujur dan bertanggung jawab serta terbukti kerja nyata untuk masyarakat kedepannya, dengan itu desa dapat  melahirkan pemimpin desa yang pro terhadap rakyat sehinggga bisa mengantarkan Kabupaten Sumba Barat Daya lebih maju dan sejahtera.

Pilkades merupakan pembelajaran politik pertama bagi masyarakat secara umum dalam merebut jabatan kepala desa. Maka dapat kita simpulkan bahwasannya perpolitikan yang sesungguhnya ada di desa, karena ruang lingkupnya yang sempit dan antara calon dan pemilih sudah saling kenal sehingga bisa menimbulkan gesekkan yang besar dan bisa menimbulkan konflik berkepanjangan di tengah masyarakat desa.

Pesta demokrasi desa ini selain memberi pembelajaran politik juga melatih kita sebagai pemuda untuk memberi sentuhan-sentuhan yang positif terhadap tim sukses, calon kepala desa serta seluruh lapisan masyarakat agar terhindar dari rasisme, politik uang dan konflik antara sesama karena perbedaan pilihan maupun pendapat.

Kapasitas pemuda dalam perubahaan di negeri ini sudah dicatat dalam sejarah republik mulai dari sumpah pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945 sampai bergesernya negara orde baru ke negara demokrasi tahun 1998 merupakan bukti bahwa perubahan yang sangat efektif ada ditangan pemuda.

Pemuda Sumba Barat Daya harus hadir dan berperan aktif  serta harus menjadi motor penggerak perubahan  dalam pilkades Juli 2021 mendatang. Dengan idealisme dan sikap kritis serta keberanian, pemuda Sumba Barat Daya mampu menentang maupun melawan segala bentuk money politik dan  politik menyimpang lainnya. Pemuda  harus hadir secara nyata sebagai agent of change dan agen of control untuk menjelaskan bahwa politik itu seni dan tidak kotor serta mengajak masyarakat umum untuk menciptakan pilkades yang bersih dan jujur di bulan Juli 2021 mendatang.

Momentum pilkades di Sumba Barat Daya yang diikuti beberapa kecamatan merupakan momentum bagi pemuda untuk berpartisipasi lebih melalui keikutsertaan menjadi calon kepala desa ataupun penyelenggara pilkades seperti KPPS, PPS serta lainnya yang mendukung suksesnya pilkades di beberapa Kecamatan Sumba Barat Daya.

Peran  pemuda bukan hanya sekedar hadir maupun ikut andil dalam penyelenggaraan pilkades, tetapi pemuda selalu hadir di setiap saat dalam hal mengkawal, mengkritik dan memberi masukan kepada kepala desa terpilih guna terciptanya desa yang demokrasi, maju dan bebas korupsi.

Penulis:Titus Kurra ( Ketua Bidang Pendidikan Pemuda Akar Indonesia)
Global

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *