“Team Donor Darah Kab. Merangin Bantu Masyarakat untuk Kebutuhan Trombosit ?!”

 426 total views

JAMBI — Merangin — Globalinvestigasinews.com — Keberadaan Palang Merah Indonesia (PMI) di Indonesia sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Selasa (20/07/2021)

Read More

Tapi kalau di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi seperti hal baru dan langka, hampir masyarakat tidak tahu kalau di Merangin sudah terbentuk adanya PMI.

“Selama ini PMI Kabupaten Merangin seperti tidak berjalan semestinya, apa dikarenakan para pengurus yang tidak terpanggil jiwanya atau karena kan tidak ada anggarannya ?!”.

Berdasarkan SK PP PMI Nomor : No. 051/KEP/PP.PMI/VI/2015 tentang Struktur Organisasi Unit Donor Darah Pusat PMI, maka mulai bulan Juni 2015 Struktur Organisasi UTD Pusat PMI adalah sebagaimana dapat dilihat dibawah ini sesuai dengan lampiran 3

Struktur UTDP PMI terdiri dari 5 Bidang yaitu: Rekrutmen dan Pembinaan Donor, Pelayanan Darah, Litbang dan Produksi, Pembinaan Kualitas serta Penunjang. UTDP PMI berharap dengan pembaruan tersebut UTDP dapat mengakomodir berbagai tugas dan fungsinya, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh PMI Pusat dan Pemerintah. Penetapan tersebut melalui AD/ART PMI, Peraturan Organisasi UTD dan Permenkes No 83 tahun 2014 mengenai UTD, BDRS dan jejaring pelayanan darah.

Tugas dan fungsi UTDP PMI antara lain adalah:

  1. Melakukan pembinaan dan penghargaan terhadap donor
  2. Melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak lintas sektoral, baik untuk membangun kegiatan peyediaan darah maupun kegiatan kehumasan dari kegiatan UTD Tingkat Nasional,
  3. Merencanakan, meyiapkan dan melakukan penerapan Sistem Informasi Manajemen untuk jejaring data sebagai rangkuman kegiatan yang terpadu di setiap UTD di seluruh Indonesia
  4. Penyedian darah transfusi dan jejaringnya secara nasional.
  5. Sebagai rujukan berbagai masalah teknis dan manajemen pelayanan darah
  6. Sebagai Pusat Penelitian dan pengembangan dalam penapisan teknologi transfusi darah termasuk pengembangan produksi reagensia
  7. Membina kualitas teknis dan manajemen seluruh UTD PMI yang dibagi menjadi 5 regional agar sesuai dengan GMP/CPOB
  8. Merencanakan logistik sarana dan prasarana untuk UTD seluruh Indonesia termasuk UTD Tingkat Nasional
  9. Meningkatkan kualitas SDM UTD PMI dengan berbagai pendidikan, pelatihan dan Seminar.

Saat ini bagi masyarakat di Kab. Merangin khusus nya terbantu dengan adanya Team Donor Darah Merangin yang begitu respek membantu kebutuhan trombosit bagi pasien yang.membutuhkan darah. Tanpa pandang bulu Suku Agama dan Ras.

Team donor Darah Merangin yang dinahkodai oleh seorang Pemuda Moch Sholeh akrab di panggil Mumuh yang sederhana tapi jiwa kemanusiaan nya luar biasa dalam membantu masyarakat yang membutuhkan tidak perduli waktu.

Dan yang paling istimewa dalam giat ini tidak ada namanya patokan biaya, semua seikhlasnya sebatas uang bensin.

Tiap hari Team Donor Darah Merangin dapat membantu masyarakat yang membutuhkan minimal 2-5 pasien butuh trombosit darah, semua terbantukan atas kerjasama team yang diketuai oleh Mas Mumuh.

Yang mana didalam Team Donor Darah Merangin ini anggotanya dari berbagai kalangan, petani, pedagang, ASN,dan TNI Polri bersatu bersama untuk masyarakat Merangin.

Saat Media Globalinvestigasinews.com menghubungi Kadis Kesehatan Kabupaten Merangin lewat sambungan telepon.
” Sebenarnya PMI Kabupaten Merangin sudah terbentuk dengan kepengurusan baru, tinggal tunggu giat pengurus sesuai tupoksinya.” ucap Abdaie.

Dalam kesempatan lain Media Globalinvestigasinews.com menghubungi Mas Mumuh lewat sambungan telepon seluler, “Pada intinya kami dari Team Donor Darah Merangin sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak baik masyarakat dan terkhusus pemerintah daerah Kabupaten Merangin” ucap Mumuh dengan nada harap.

” Selain itu terima kasih kepada semua anggota Team Donor Darah Merangin yang saat ini saling berbagi untuk masyarakat, sekali lagi terima kasih” tambah nya.

“Selain daripada itu sudah ada tempat rencana dijadikan markas PMI Kabupaten Merangin” tambahnya.

(+Globaljbi)
Team Donor Darah Merangin
PMI Merangin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *