Kunjungi Mesuji, Gubernur Arinal DJunaidi Akan Berikan “Kartu Petani Berjaya” Bagi Petani

 197 total views

Mesuji -Provinsi Lampung saat ini telah memiliki program unggulan yang dapat menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa Program unggulan berupa Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Read More

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat melakukan kunjungan kerja dan pengarahan kepada Kepala OPD Kabupaten Mesuji, DPRD Kabupaten Mesuji, Camat, Kepala Desa/Kepala kampung se-Kabupaten Mesuji, di Aula Kolam Taman Kehati Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Sabtu (16/07/2022).

“Masyarakat petani Mesuji akan saya berikan Kartu Petani Berjaya, dengan kartu ini petani bisa mendapatkan berbagai manfaat dari kartu ini, salah satunya adalah pinjaman modal usaha 50 juta” kata Arinal

Arinal menekankan, terkait Program Unggulan Kartu Petani Berjaya dan Smart Village, agar segera diimplementasikan di Kabupaten Mesuji dan segera dilakukan percepatan dilapangan melalui dukungan Pemerintah Kabupaten Mesuji beserta jajarannya.

“Dengan Kartu Petani Berjaya, petani tidak hanya mendapat kemudahan dalam mendapatkan benih dan pupuk, tapi petani juga akan mendapatkan beasiswa bagi anak petani yang masuk kuliah diperguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Mesuji,” Terang Arinal

Kemudian dengan melihat berbagai potensi yang ada di Kabupaten Mesuji, Arinal juga akan menjadikan kabupaten Mesuji sebagai Kabupaten perikanan

“Mesuji ini juga akan saya jadikan sebagai Kabupaten Perikanan, saya sudah sampaikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, bahwa Lampung ini kaya akan ikan air tawar, ada jelabat, belida, patin, baung dan lain-lain, jadi mohon diperhatikan, Alhamdullilah direspon dan kita akan dibangunkan Balai Benih dan Budidaya Perikanan, dan akan saya tempatkan di Mesuji,” imbuh Arinal.

Selain itu, Arinal juga menilai bahwa Sungai Mesuji (yang memiliki panjang 220 km dan Luas DAS 2053 km2) memiliki potensi sumber daya air dan perikanan yang besar untuk dikembangkan. Oleh karenanya terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung telah memfasilitasi dan mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk membangun Balai Benih dan Budidaya Perikanan di wilayah Mesuji.

Sebelumnya Arinal menjelaskan, rencana Pemerintah Provinsi Lampung dalam Pengembangan Pelabuhan Tanah Merah, yang akan menjadi akses perdagangan dan pemenuhan Logistik Pangan. Rencana pembangunan tersebut telah disampaikan oleh Arinal dalam Forum Rakor Gubernur se-Sumatera dan telah dilakukan penandatanganan MOU antara Pemprov Lampung dan Pemprov Bangka-Belitung.
Arinal juga telah berkoordinasi dan mendorong Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan percepatan pembangunan dan membuka alur logistik Tanah Merah dan Batu Balai.

Disamping itu, Arinal juga mendorong hilirisasi komoditas unggulan di Kabupaten Mesuji seperti komoditas Kelapa Sawit dan Karet.

“Dengan hilirisasi dan inovasi maka akan meningkatkan nilai tambah pada komoditas-komoditas tersebut,” ucap Arinal.pungkasnya. (Suryadi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *