Ratusan Siswa SD/MI Ikuti Kompetisi Bergengsi KACER MTs. Negeri 1 Pati

 200 total views

Pati – Jawa Tengah

Read More

Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (KACER) kembali digelar di MTsN 1 Pati pada Minggu (26/2). Sebanyak 442 siswa SD/MI dari berbagai wilayah se-Jateng mengikuti kompetisi bergengsi yang diselenggarakan secara offline ini.

Kompetisi dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Fauzin Futiarso.

KACER merupakan agenda tahunan sebagai pembuka rangkaian kegiatan Harlah ke-43 MTsN 1 Pati. Terdapat berbagai jenis lomba, yaitu lomba mapel terdiri dari IPA, IPS, dan Matematika, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Story Telling, dan Desain Poster.

Adapun bagi Juara 1 total beasiswa pendidikan yang diberikan yaitu senilai puluhan juta rupiah selama menjadi siswa MTsN 1 Pati.

Fauzin menyambut baik sekaligus mengapresiasi terselenggaranya KACER ini. Ia menyebutkan bahwa kompetisi semacam ini merupakan bagian dari ikhtiar dalam rangka mengeksplorasi potensi siswa untuk mewujudkan prestasi-prestasi atau keahlian yang dimiliki.

“Pelaksanaan kegiatan semacam ini tentu menjadi sangat penting karena selain bentuk ikhtiar mengksplore potensi siswa juga untuk mengukuhkan tali silaturahmi di antara siswa dari SD/MI yang satu dengan lainnya,” ungkapnya.

“Kami berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan dengan baik dan istiqomah, serta menjunjung tinggi sportivitas, artinya bersedia menerima kekurangan mana kala prestasi terbaik yang diinginkan belum terpenuhi,” pungkas Fauzin.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati menjelaskan, KACER memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai ajang silaturahmi dan memperkenalkan MTsN 1 Pati, memberikan kontribusi dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa, melatih siswa agar memiliki jiwa pejuang dan kompetitif, serta ikut mensukseskan digitalisi sekolah atau madrasah.

“Untuk anak-anakku yang cerdas dan berkarakter, kalian semua adalah juara. Tetap semangat menggapai cita-cita yang tentu disertai dengan do’a. Selamat kepada kalian dan terima kasih atas perjuangannya,” tutup Syafak.

Juara 1 lomba Story telling, Michelle Putri Dezana Elsegood dari SDUT Bumi Kartini Jepara merasa bahagia dan bangga mengikuti kompetisi ini. “I’m so happy that I’m able to join this competition. It was so fun, amazing, and exciting. So, next year don’t miss it!,” ucapnya.

Sementara itu, juara lainnya sekaligus peserta terjauh yakni dari Magelang, Mutiara Nada El Hijri Azumah mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan tidak menyangka mendapatkan juara. Sementara sang Ibu, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak MTsN 1 Pati atas kesempatan yang telah diberikan dan menilai bahwa kompetisi berjalan transparan. “Terima kasih kepada MTsN 1 Pati yang sudah memberikan kesempatan kepada anak saya. Kesan saya terhadap MTsN 1 Pati, luar biasa,” ucapnya.

MIN 2 Jepara Raih Juara Terbanyak
Adapun pemenang diumumkan sesaat setelah kegiatan lomba selesai. Seluruh peserta lomba sangat antusias menunggu pengumuman. Peraih juara terbanyak dalam KACER 2023 adalah MIN 2 Jepara , terdiri dari Juara 2 dan Juara 3 lomba mapel IPS serta Juara 1 dan Juara 3 lomba MHQ.
Secara lengkap, inilah para Juara 1 KACER 2023 yang berhak mendapatkan beasiswa pendidikan selama menjadi siswa MTsN 1 Pati ;
Mapel Matematika M. Abdul Fattah (MI Al Fattah Juwana), mapel IPA Nafilah Sharina Royyana (SDUT Bumi Kartini Jepara), mapel IPS Naura Ardina Rahayu (MI Tarbiyatul Mubtadi), Story Telling Michella Putri Dezana Elsegood (SDUT Bumi Kartini Jepara), Desain Poster Khanza Faza Maritza (SDN Pati Kidul),dan MHQ Shezza Ramadhani Nalistya (MIN 2 Jepara).

(Smber : MTsN 1 Winong Pati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *