Kades Bagan Kuala Safril: “Terimakasih Kepada TNI – AL Lantamal I Belawan Dan Pemkab Sergai atas Diresmikannya Desa Bagan Kuala Jadi KBN

 154 total views

SERGAI -Global Investigasi News Com – Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) sudah diresmikan menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Read More

Peresmian yang dilaksanakan beberapa pekan lalu oleh Komandan Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bersama Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan secara nasional bersamaan dengan penanaman mangrove di Pantai Merdeka yang ada di desa tersebut.

KBN tersebut merupakan program dan kegiatan TNI AL yang bekerjasama dengan pemerintah daerah serta stakeholder bertujuan membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat pesisir, salah satunya di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai.

Safril selaku Kepala Desa (Kades) Bagan Kuala merasa sangat senang dan menyambut baik adanya program kegiatan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di desanya.

Ia bersama masyarakat pesisir Desa Bagan Kuala mengucapkan terimakasih banyak kepada TNI AL Lantamal I Belawan yang telah melaksanakan kegiatan KBN demi untuk memajukan Desa Bagan Kuala terutama Pantai Merdeka.

“Dengan adanya program dan kegiatan KBN di desa kami ini adalah salah satu penghormatan yang luar biasa bagi saya. Selain untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat, ini juga demi kemajuan wisata Pantai Merdeka di Desa Bagan Kuala,” ungkap Safril, Kamis (25/5/2023) kepada wartawan saat melakukan kunjungan di Pantai Merdeka.

Kades Bagan Kuala yang menjabat dua periode itu juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, terutama bapak Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan yang telah mendukung adanya kegiatan KBN di desanya.

“Terimakasih kepada bapak Laksamana Pertama TNI I Johanes Djanarko Wibowo dan dukungan Pemkab Sergai atas dilaksanakannya KBN di desa kami. Semoga setelah diresmikannya KBN di desa ini dapat memajukan ekonomi masyarakat dan wisata Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala,” ucap Safril.

Safril juga menyebutkan, bahwa kegiatan program KBN TNI AL Lantamal I Belawan di desanya adalah klaster meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir dengan melakukan budidaya tambak udang dan kerang batu.

Selain itu, klaster pendidikan yaitu dengan rumah pintar yang secara rutin dilakukan pembelajaran terhadap anak – anak yang ada di desa.

Selanjutnya klaster kesehatan dengan melakukan pengecekan kesehatan, dan klaster pertahanan daerah pesisir pantai dengan melakukan penanaman pohon mangrove di bibir pantai.

Terakhir adalah klaster pariwisata yaitu pembenahan pantai dengan membuat tempat – tempat selvi bagi para pengunjung agar wisata Kampung Bahari Nusantara Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala menjadi maju dan lebih baik lagi. (ABDUL SALIM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *