Kapolres Tanjab Timur Menghimbau Masyarakat dan Perusahaan Untuk Waspada Karhutla

 120 total views

Jambi-Globalinvestigasinews.com 13 /08/2023
Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa daerah di Provinsi Jambi termasuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sudah mengalami kemarau,

Read More

Sudah bekisar dua bulan ini Kabupaten Tanjab Timur mengalami musim kemarau. Bahkan, saat ini masa pancaroba dengan cuaca panas dan suhu yang cukup tinggi sudah terasa di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Menyikapi hal itu, Kapolres AKBP Heri Supriawan mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati hati dan waspada, khususnya terhadap bahaya kebakaran baik pada pemukiman warga maupun kebakaran hutan dan lahan.

” Musim kemarau itu sangat rawan menimbulkan peristiwa kebakaran, oleh karena itu kita menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal yang akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran, ” ujar kapolres Tanjab Timur.

Orang nomor satu di Polres Tanjab Timur AKBP Heri Supriawan juga telah mengarahakan jajaranya terutama kepada personel Bhabinkamtibmas untuk berikan himbauan dan menempelkan selebaran di daerah binaan perihal himbauan waspada serta upaya pencegahan terjadinya kebakaran.

” Kita telah beri arahan kepada jajaran terutama personel  Bhabinkamtibmas agar selalu membaur bersama warga dan rajin turun ke wilayah binaan guna menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat, terutama antisipasi terjadinya kebakaran saat musim pancaroba saat ini, ” imbuhnya.

Atensi Kapolres Tanjab Timur untuk seluruh Kapolsek serata personil Bhabinkamtibmas di jajarannya, untuk secara rutin mengecek fungsi dari Embung, Sekat Kanal (parit) dan Sumur Hidrant, agar bisa dapat digunakan apabila terjadi kebakaran Hutan lahan.

Beberapa hal yang menjadi upaya pencegahan yang bisa di lakukan masyarakat adalah.

  1. tidak melakukan pembakaran sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.

2.Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya me-lokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut

3.Jangan sembarangan saat membuang puntung rokok. Sebab, dalam cuaca panas seperti sekarang, api dari puntung rokok juga sangat mudah memicu terjadinya kebakaran besar

4.Hindari pembakaran saat membuka ladang atau kebun dalam kondisi terik seperti saat ini karena tindakan itu juga tak jarang menyebabkan terjadinya kebakaran.

AKBP Heri Supriawan juga menambahkan, beberapa hal lainya yang berpotensi menyebabkan kebakaran, seperti rumah padat penduduk yang ada di pesisir pantai, yang rumahnya terbuat dari bangunan kayu, untuk selalu waspada terhadap  konsleting listrik, jangan lupa mematikan kompor serta alat elektronik lainya juga beberapa hal yang menjadi sumber api lainnya.

Ia juga menegaskan, terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan , pihak kepolisian akan ditindak tegas bagi yang membakar hutan dan lahan, yang tertuang dalam maklumat Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, (T111k).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *