4 Wanita dan 2 Pria Warga Medan Pelaku Pencurian Antar Daerah Ditangkap Polres Toba

 216 total views

Polisi Resort (Polres) Toba, amankan 4 wanita dan 2 orang pria, pelaku pencurian antar Kabupaten. Para pelaku yang melakukan aksinya di pasar tumpah Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, ditangkap dari salah satu hotel yang berada di daerah Kabupaten Tapanuli Utara.

Read More

Kini keenam pelaku yang merupakan pelaku pencurian yang sudah pengalaman ini, mendekam di Rutan Polres Toba.

Wakapolres Toba, AKBP Lamin didampingi Kasat Rekrim, Iptu Wilson Panjaitan bersama Kasi Humas Polres Toba, AKP Bungaran Samosir, Senin (4/9/2023) di Mapolres Toba memaparkan, 4 orang wanita pelaku pencurian yang diamankan yaitu, RT (55) warga Medan, berperan sebagai ketua komplotan dan eksekutor. W (51) warga Kota Medan, berperan sebagai eksekutor dan pengangkut hasil curian. HT (50), warga Binjai yang berperan sebagai pengalih perhatian. DT (47), warga Medan, berperan sebagai pengalih Perhatian. Dua pelaku laki-laki yang ikut ditangkap yang berperan sebagai sopir yakni, BB (43) dan LP (33) keduanya warga Medan.

Dikatakan Kasat Reskrim, pengungkapan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan 6 orang yang terjadi di pasar tumpah Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba terjadi pada, Jumat, 1 September 2023 yang lalu.

Dimana para tersangka merencanakan aksi pencuriannya di Medan sebelum, akhirnya melancarkan aksinya keluar daerah dengan sasaran pasar tumpah. Karena sebelumnya para tersangka sering melakukan pencurian di Kota Medan sehingga sudah dikenali masyarakat.

Berangkat menuju Toba, para pelaku tiba di Balige sekira pukul 08.00 WIB dan sempat singgah di Pantai Bulbul Balige. Sekira pukul 10.00 WIB, para tersangka menuju pasar tumpah Balige dan singgah di depan Balerong Balige. 4 pelaku wanita langsung turun dan 2 pelaku laki-laki menunggu dan memarkirkan mobilnya dekat dengan SPBU.

Empat orang tersangka wanita berjalan bersamaan ke arah pasar yang ada di pelabuhan Balige. Tiba pada titik sasaran penjual daging babi, pelaku pura-pura menawar dan membeli. Disaat korban lengah, pelaku mengambil tas dan memasukkannya kedalam keranjang dan ditutupi dengan sayur daun ubi.

Setelah berhasil melaksanakan aksinya, dengan menggunakan becak bermotor namun tidak bersamaan, mereka menuju rekannya yang menunggu di SPBU untuk menyerahkan dan mengetahui hasil curiannya.

Setelah itu para tersangka kembali melanjutkan pencurian kepada seorang perempuan penjual buah di Bundaran Balige. Kemudian para tersangka melakukan tindakan dan peran yang sama seperti sebelumnya, hingga berhasil menguasai satu tas.

Namun belum sampai 20 meter dari lokasi, aksi tersebut diketahui oleh masyarakat sehingga salah seorang pelaku dikejar dan tertangkap tangan oleh warga.

Setelah pelaku diserahkan ke Satreskrim Polres Toba, dilakukan penyelidikan keberadaan tersangka lainnya dan diketahui berada disalah satu hotel di Tapanuli Utara dan dilakukan penangkapan. (AMS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *