Kapolsek Dendang Berikan Edukasi Dan Sosialisasi Kepada Para Pelajar SMAN IV Terkait Bahaya Karhutla

 83 total views

Jambi-Globalinvestigasinews.com08/09/2023
Kapolsek  Iptu Hengky Lesmana , bersama Personil Polsek Dendang, serta Kelompok Tani Jaya Mulya Desa Catur Rahayu, berikan Edukasi kepada para siswa -siswi SMA Negeri IV Tanjung Jabung Timur, langsung di lokasi Hutan dan lahan gambut di kawasan kecamatan Dendang. (07/09/23).

Read More

Kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada para siswa siswi, tentang manfaat dan kegunaan Fungsi dibuatnya sekat kanal, sumur bor serta embung, di daerah lahan gambut yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sosialisasi dan Edukasi kepada Para pelajar SMAN IV Tanjab Timur dan Masyarakat, terkait Fungsi dan tujuan Sekat Kanal dan Sumur Bor, dalam mempertahankan daya simpan air pada lahan gambut, guna mencegah terjadinya Karhutla sekaligus sosialisasi mengunakan alat Damkar untuk pembasahan lahan gambut, apabila musim kemarau.

Ini dilakukan Kapolsek Dendang Iptu Hengky Lesmana. Agar kedepanya generasi muda atau para pelajar mengetahui bahaya dari kebakaran hutan dan lahan dan mengetahui bagaimana cara memadamkan apa bila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Para pelajar juga di ajak untuk melihat secara langsung melakukan praktek ke lokasi lahan gambut yang kerap terjadi kebakaran, bagaimana cara menggunakan alat damkar, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Agar para pelajar dapat mengetahui dan memahami akan dampaknya, dari kebakaran hutan dan lahan, terbakarnya hutan atau lahan baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan kesehatan.

“Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan para generasi muda ataupun pelajar dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau, dihimbau kepada generasi muda untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.”ucapnya

Kegiatan sosialisasi ini adalah bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar, masyarakat agar turut aktif bersama-sama para pihak menjaga dan mengolah tanahnya, mengecek peralatan pemadam agar selalu siap apabila terjadi Kebakaran Hutan dan lahan, melakukan pemantauan dan tindakan dini dalam upaya pemadaman bila terjadi kebakaran, agar api bisa ditanggulangi sebelum membesar.

Kapolsek Dendang dan jajarannya tidak pernah lelah menghimbau masyarakat akan bahayanya kebakaran hutan dan lahan dengan memberikan sosialisasi maupun pemasangan spanduk di beberapa titik yang di anggap rawan kebakaran.(T111k).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *