Kapolres Banjar Mengikuti Acara Peresmuan Revitalisasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA)

Loading

Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto, S.I.K.,M.H. Mengikuti acara peresmian Revitalisasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir Cibereum yang bertempat di TPA Cibereum Kota Banjar, yang diresmikam oleh Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si. (28/12/2023).

Read More

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar dalam laporannya mengatakan bahwa, kegiatan rehabilitasi TPA yang dilakukan pada tahun ini terdiri dari 4 paket pengerjaan yaitu, pembangunan sel sampah Baru, pembangunan Jalan Inspeksi, rehabilitas manuver sampah aktif, dan rehabilitasi penampungan Air lindi sel sampah aktif.

“Keseluruhan pengerjaan tersebut menggunakan sumber dana yang berasal dari bantuan provinsi Jawa Barat dan telah selesai 100% serta siap untuk digunakan dalam pengelolaan akhir sampah. Dengan rahabilitasi ini diharapkan dapat mengelola sampai sampai 20 tahun kedepan. ” Ujarnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Banjar mengatakan bahwa pengelolaan sampah di TPA Cibeureum sudah baik. Menurutnya, pengelolaan sampah di TPA Cibeureum menggunakan metode Sanitary landfill. Dijelaskanya, metode tersebut merupakan sistem pengolahan sampah menggunakan area tanah yang terbuka dan luas. Pada metode ini, di atas timbunan sampah ditimbun sampah lagi hingga beberapa lapisan. Setelah itu, timbunan sampah ditutup dengan tanah setebal 60 cm atau lebih.

“Saya dulu pernah mempelajari metode pengelolaan sampah dengan metode Sanitary landfill. Metode sanitary landfill merupakan metode standar yang banyak dipakai secara internasional. Penutupan sampah yang dilakukan setiap hari dapat meminimalkan potensi gangguan yang timbul. Namun demikian saya berpesan, pengolahan sampah tersebut baunya jangan sampai menggangu masyarakat sekitar. “Jelas Pj. Wali Kota Banjar.

Kegiatan ditutup dengan pengguntungan pita oleh Pj. Wali Kota Banjar sebagai tanda diresmikanya Revitalisasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir Cibereum.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Perwakilan Forkopimda Kota Banjar serta Para Kepala Perangkat Daerah Kota Banjar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *