Polres Purwakarta Lakukan Pengamanan dan Pengawasan Pelipatan Kertas Suara Pemilu 2024

Loading

KEPOLISIAN RESOR PURWAKARTA

Read More

SEKSI HUBUNGAN MASYARAKAT

SIARAN PERS
TENTANG

Polres Purwakarta Lakukan Pengamanan dan Pengawasan Pelipatan Kertas Suara Pemilu 2024

PURWAKARTA,
Globalinvestigasinews.com

Polres Purwakarta melakukan pengamanan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 yang dipusatkan di Kantor KPU Jalan Flamboyan, Kelurahan Nagri Kaler, Kabupaten Purwakarta.

Dengan jumlah total 3.743.005 kertas suara yang harus dilipat, pengerjaan melibatkan 500 pekerja. Pengerjaan pelipatan dijadwalkan akan selesai dalam 10 hari kedepan.

Dalam prosesi pengerjaan pelipatan kertas suara, Polres Purwakarta sangat berperan aktif dalam pengamanan dengan mengerahkan sejumlah personel untuk pengamanan di lokasi.

“Penjagaan akan kami lakukan selama 1×24 jam setiap harinya, dengan melibatkan personel Polwan dan Polki. Tujuan semua bentuk pengamanan adalah untuk menjaga originalitas surat suara, meminimalisir adanya pengerusakan maupun perbuatan curang,” ucap Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, pada Senin, (08/01/2024).

Dalam pengarahan terhadap para pekerja pelipatan kertas suara, Kapolres menambahkan, personelnya juga turut menghimbau agar para pekerja, khususnya pelipat kertas suara Pemilu 2024 agar bekerja dengan penuh hati-hati dan tanggung jawab.

“Segala bentuk perbuatan curang dan pengerusakan akan diusut polisi dari jajaran Polres Purwakarta dan dikenakan ketentuan pidana yang berlaku,” tegas Edwar.

Terpisah, Komisioner KPU Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, proses penyortiran dimulai dari surat suara pemilihan anggota legislatif DPR RI. “Proses penyortirannya kami targetkan maksimal 10 hari ke depan,” kata pria yang akrab disapa Binos itu.

Binos menjelaskan, pelaksanaan sortir surat suara ini akan dilakukan secara estafet. Setelah DPR RI, penyortiran ini akan dilakukan selanjutnya untuk surat suara DPRD provinsi, kabupaten dan surat suara untuk kebutuhan pilpres.

“Taget kita, sampai 20 Januari nanti seluruh surat suara ini telah tersortir. Mudah-mudahan bisa selesai sesuai dengan rencana,” ujar Binos menambahkan.

Dalam kegiatan penyortiran ini, kata Binos, pihaknya pun melibatkan seluruh unsur untuk mengawasi. Termasuk, dari unsur kepolisian dan TNI. 

Adapun jumlah surat suara yang disortir mulai ini hari ini, yakni sebanyak 75.860 lembar surat yang masih dikemas di dalam boks. Untuk satu boks berisi 500 lembar surat suara.

Terkait jumlah total seluruh surat suara untuk kebutuhan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, itu yakni 3.743.005 lembar surat suara atau 13.465 boks. “Jumlah surat suara tersebut, merupakan akumulasi untuk kebutuhan pileg dan pilpres,” ucap Binos.

Purwakarta, Senin, 8 Januari 2024

Dikeluarkan oleh Si Humas Polres Purwakarta
Jl. Veteran No.408, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118

(Ferday)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *