Gelar Operasi Ketupat Lodaya, Polda Jabar Sebar 27.162 Personel Untuk Amankan Mudik Lebaran 2024

 28 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA BARAT
BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Gelar Operasi Ketupat Lodaya, Polda Jabar Sebar 27.162 Personel Untuk Amankan Mudik Lebaran 2024

Apel gelar pasukan Ketupat Lodaya 2024 merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Ops Ketupat Lodaya sebagai komitmen nyata sinergitas TNI Polri dengan stake holder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras secara bersama – sama yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam.pengamanan arus mudik dan arus balik pada tahun ini.

Pelaksanaan Ops Lodaya 2024 dilaksanakan selama 13 hari dimulai pada tanggal 4 sd 16 April 2024.

Seluruh personel jajaran Polda Jabar yang terlibat sudah masuk ke seluruh pos pam yang ada di wilayah Jabar.

Dalam rangka menjamin kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) telah menempatkan 27.162 personel untuk melaksanakan Operasi Ketupat Lodaya 2024, yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 16.007 personel, BKO dari Mabes Polri 245 personil ditambah perkuatan unsur TNI dan stakeholder lain sebanyak 10.910 personil.

Personel tersebut akan disebar di titik – titik rawan kemacetan serta wilayah-wilayah yang dilewati oleh pemudik di Jawa Barat.

Pada hari ini Rabu (3/4/2024) Polda Jabar melaksanakan gelar Operasi Ketupat Lodaya yang dilaksanakan di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat di depan Gedung Sate Bandung.

Hadir pada kegiatan tersebut Bapak Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, Kapolda Jabar Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M. dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. Beserta Kapolres dan Pejabat Utama (PJU) instansi terkait.

Dalam sambutannya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT mengatakan bahwa menjalin Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu, serta memberikan Keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalu lintas dan keamanan ketertiban masyarakat kepada warga yang melaksanakan mudik.

“Berikan jaminan kamseltibcar lantas kepada masyarakat dan apabila masyarakat merasa khawatir terdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, siapkan pengawalan kepolisian untuk memberikan rasa aman”. Ucapnya.

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan yang optimal.

Disamping itu perlu memahami
karakteristik wilayah masing-masing agar bisa mengantisipasi bencana alam yang sewaktu waktu mungkin terjadi.

Dalam pelaksanaan Ops Ketupat Lodaya melibatkan organisasi masyarakat tertentu untuk memberikan keamanan dan kenyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan sholat Ied, selain itu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok penting serta terpenuhinya BBM.

Guna mengantisipasi kemacetan arus mudik di jalan tol, akan dilakukan sistem rekayasa lalulintas contra flow untuk jalan tol Jakarta-cikampek dan one way mulai dari km 70 sampai km 114 kalikakung Jawa Tengah.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-4 sampai H-2 lebaran dan untuk puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 14,15,16 april 2024.

Bandung, 3 April 2024

Dikeluarkan oleh Bidhumas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *