Bupati Barru Buka Musrembang Penyusunan Dokumen RPJPD Tahun 2025-2045

Loading

Sulsel
Barruglobalinvestigasinews.com.

Read More

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si., buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Barru Tahun 2025-2045 dilantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, (15/5/24).

Dalam sambutannya Suardi Saleh mengatakan, penyusunan Dokumen RPJPD ini telah melalui beberapa tahapan diantaranya Konsultasi Publik, Pembahasan Bersama DPRD Kab.Barru dan Fasilitasi oleh Bappelitbangda Provinsi Sul-Sel, serta perumusan dan analisis oleh Tim Penyusun bersama Tenaga Ahli Perencanaan.

Lebih lanjut, Bupati Barru menjelaskan rumusan visi “Kabupaten Barru Maju Berkelanjutan Berbasis ekonomi Biru” yang harus mengacu dan selaras dengan Rancangan Akhir Rencana RPJPN dan Dokumen Rancangan Akhir RPJPD Provinsi Sul-sel.

Dikatakan, kata Maju disamping merupakan kata wajib yang harus termuat dalam visi sesuai pedoman penyusunan RPJPD juga menjadi harapan bagaimana Kab.Barru ekonominya dapat mencapai posisi kelompok sepuluh besar di Sulsel.

Kata wajib selanjutnya ucap Bupati Barru adalah Berkelanjutan, bahwa hingga 20 tahun kedepan diharapkan dapat berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dan terakhir Berbasis Ekonomi Biru,dijelaskan bahwa hal ini muncul disamping sebagai salah satu arahan pembangunan nasional yang termuat dalam RPJPN dan RPJPD Provinsi SulSel juga menjadi karakteristik Kabupaten Barru, karena berdasarkan pemetaan indikator Ekonomi Biru, Kabupaten Barru memiliki peluang dan potensi yang cukup besar.

Suardi Saleh berharap, melalui visi ini akan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pendapatan daerah yang diharapkan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Bupati Barru meminta adanya masukan dan saran dari para peserta guna mempertajam arah pembangunan Kabupaten Barru 20 tahun ke depan.

“Dokumen RPJPD juga akan menjadi rujukan bagi para calon kepala daerah tahun 2024 dalam menyusun formulasi visi, misi dan program prioritas yang akan tertuang dalam Dokumen RPJMD 2025-2029 bagian periode RPJPD Kabupaten Barru Tahun 2025-2045 ” pungkas Suardi Saleh.

Turut hadir yang mewaklii Pj.Gubernur Sulsel, Ketua Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Barru,Kepala Bappeltibangda Provinsi Sul-sel, Narasumber Ahli, Dr.Agussalim,M.Si., Unsur Forkopimda Kabupaten Barru, Bupati Kab/Kota Tetangga, Plt.Kepala Bappelitbangda Kab.Barru, para Staf Ahli,Asisten dan Pimpina OPD Kab.Barru, kepala unit kerja instansi vertical dan Provinsi Sul-Sel,para Kabag Setda Baru, para Camat se Kab.Barru,Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Pendidikan, tokoh perempuan, akademisi, Perbankan, BUMN, BUMD,Organisasi Profesi BAZNAS, LSM, Wartawan, NGO (Usaid Tangguh, Usaid Erat).
(Jum/ Humas IKP).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *