PT. Sang Hyang Seri Ganti Benih Yang Dikembalikan Petani Di Ciamis

 564 total views

PT Sang Hiang Seri Ganti Benih Yang Dikembalikan Petani Di Ciamis

Read More

KOTA BANJAR, — PT Sang Hiang Seri Cabang Ciamis telah mengganti benih padi yang dikembalikan para petani di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis.

“Terkait adanya pengembalian benih dari kelompok tani di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis, pihak PT Sang Hiang Seri (Persero) Cabang Ciamis sudah melakukan penggantian sebanyak 6 ton hari Senin (25/5/2020) dari klaim 7,5 ton”, jelas Hadian Ibrahim Manager PT Sang Hiang Seri (Persero) Cabang Ciamis saat ditemui di kantornya di Kota Banjar Jawa Barat, Jum’at (29/5/2020).

Lanjut ia, sebetulnya kekurangan pengganti yang 1,5 ton sudah dikirim karena ditolak para petani dengan alasan nomer lod yang sama yang diklaim, benih pangganti yang ditolak tersebut untuk sementara kami simpan di gudang. ” Hari ini benih pengganti yang kurang 1,5 ton sedang diperjalanan dan nanti sore sudah sampai”, terangnya.

Ia juga menegaskan, PT Sang Hiang Seri dalam pengadaan benih bekerjasama dengan beberapa penangkar dan menurut hasil sertifikasi BPSB Jawa Barat benih tersebut sudah memenuhi syarat, “bahkan sebetulnya standarnya pun sudah kami naikan menjadi 80% dari standar 76%, karena kami tidak ingin ambil resiko”, tegasnya.

Menurut ia, gagalnya benih padi tersebut banyak faktor termasuk human eror serta tingkat pemahaman para petani,” bisa dari faktor penyimpanan atau faktor perendaman sebelum tebar”, pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Indra Kasi Serealial Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis membenarkan adanya pengembalian benih bantuan oleh kelompok tani di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis.

Lebih lanjut ia menjelaskan, benih padi yang dikembalikan para petani tersebut sudah dilakukan penggantian oleh PT Sang Hiang Seri (Persero) Cabang Ciamis.

“Sekarang sudah diganti dan kata para petani tumbuhnya bagus”, jelasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *