Upaya Haji Tole Membuahkan Hasil, Warga Pante Rambong Terima Pembayaran Tanah

 256 total views

Globalinvestigasi.news Aceh Timur -Pembayaran pembebasan tanah warga yang dipergunakan untuk jalan lintas utama desa Pante Rambong sempat terjadi polemik masalah harga dan pembayaran karena janji Pemerintah akan dibayar pada bulan Oktober 2020, namun karena terkendala ABPK Aceh Timur tidak ada Anggaran Perubahan karena dampak recofusing anggaran Covid-19, sehingga Pemkab mengusulkan pembayaran tanah tersebut pada tahun 2021,

Read More

Sementara pemilik lahan menuntut agar segera dibayar tanah mereka sesuai janji pemerintah, para pemilik tanah menilai pemerintah tidak menepati janjinya, Maka 14 orang pemilik tanah memblokir akses jalan tersebut.

Ekses dari pemblokiran jalan lintas tersebut, mengakibatkan ribuan masyarakat Kemukiman Blang Seunong tidak bisa melintasi jalan tersebut, sementara jalan tersebut adalah akses satu-satunya yang menghubungkan pusat pasar Lhok Nibong dan Kecamatan.

Beberapa tokoh masyarakat dan perangkat Desa Pante Rambong telah melakukan berbagai upaya untuk mencari solusi kepada Pemerintah. Namun hal tersebut mengalami jalan buntu, Pemerintah tidak bisa membayar tahun 2020 karena tidak mempunyai anggaran.

Hampir dua bulan jalan utama di desa Pante Rambong terblokir dan upaya mencari solusi mengalami jalan buntu, akhirnya H.Sulaiman alias Tole atas inisiatifnya mencoba memfasilitasi untuk mencari jalan keluar terhadap persoalan pemblokiran jalan di Desa Pante Rambong.

Namun berkat upaya yang di lakukan oleh seorang pengusaha sukses asal idi Rayeek H. Sulaiman sapaan akrab H. Tole kini Sejumlah pemilik tanah di Dusun Alue Rincong Desa Pante Rambong Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur menerima pembayaran tanah yang terkena pembebasan lahan pengadaan Jalan seluas 6,960 meter untuk pembangunan jalan alternatif, karena jalan lama telah putus akibat abrasi sungai beberapa waktu yang lalu.

Atas inisiatif H. Tole akhirnya mendapatkan pihak pengusaha untuk membeli tanah warga tersebut, Setelah selesai administrasi surat akta jual beli, hari ini Jumat 18/12 ke 12 dari 14 pemilik tanah menerima pembayaran tanah.

Dalam kesempatan tersebut H. Sulaiman alias H.Tole mengatakan, “teruslah berbuat baik tampa mengharapkan imbalan dan pujian, contoh teladan rasul kita Nabi Muhammad,SAW harus kita ikuti, jangan semata mata berbuat baik karena mengharap pujian dan keuntungan, tapi berbuatlah segala sesuatu itu karena mengharap Rizha Allah”, Ujar H.Tole

Proses pembayaran dilakukan di aula Kantor Camat Pante Bidari secara tunai oleh Pengusaha H. Edi Saputra yang didampingi H. Tole, serta disaksikan oleh Keuchik Gampong Pantee Rambong Ramuli Yasin, Tuha Peut Gampong Pante Rambong Tgk Rusli, kadus Alue Rincong Hermanto dan Imum Mukim Blang Seunong Muslim.At.

Reporter : ZAS

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *