Terobosan Baru !!?? Karang Taruna Desa Grenggeng mengadakan Sekolah Kepemimpinan Pemuda Desa dan Upgrading

 633 total views

Kebumen, 08-03-2021
Globalinvestigasinews.com-Jateng.
Karang Taruna Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar-Kebumen yang mempunyai slogan “Pemuda Berdaya, Desaku Maju Sejahtera” ini sepertinya telah melakukan sebuah terobosan baru dalam hal organisasi kepemudaan. Pasalnya mereka telah membuat sebuah kegiatan yang dinamakan “SEKOLAH KEPEMIMPINAN PEMUDA DESA DAN UPGRADING” yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 6-7 maret 2021 kemarin. Adapun dalam kegiatan tersebut sebagai pengisi materi adalah dari Forum Komunikasi Mahasiswa Kebumen (FKMK) dan sebagai fasilitator sekaligus moderator kegiatan adalah para mahasiswa KKN Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS) Bandung.
Peserta kegiatan tersebut juga tidak hanya di ikuti oleh para pemuda desa setempat, melainkan ada beberapa peserta dari desa lain di wilayah Kebumen. Mereka mendapatkan sebuah pelajaran baru ilmu kepemimpinan yang mungkin untuk level Desa diwilayah Kebumen belum pernah ada yang melakukan kegiatan tersebut. Untuk materi kegiatan itu sendiri meliputi :
☆ Analisis SWOT
☆ Sejarah Karang Taruna
☆Kepemudaan
☆Kepemimpinan
☆ Keorganisasian

Read More

Ketua Karang Taruna Desa Grenggeng sekaligus Panitia kegiatan tersebut, Taofik Hidayat menyampaikan ” Kegiatan ini terfokuskan di upgrading kepengurusan Karang Taruna Desa agar intelektual pengurus lebih meningkat karena salah satu tugas kami adalah memikirkan generasi selanjutnya yang akan meneruskan generasi sebelumnya. Meneruskan program generasi sebelumnya yang belum tercapai agar lebih dinamis mengikuti perkembangan zaman. Dan pemuda ini adalah calon pemimpin masa depan di wilayahnya masing-masing bahkan bisa saja pemuda yang mempunyai sikap-sikap kepemimpinan yang baik bisa mengangkat drajat dan nama baik Desanya dan bisa berkiprah di level diatasnya ditingkat Kecamtan/Kabupaten bahkan di level Nasional.” Jelasnya

Kepala Desa Grenggeng Eri Listiawan S. Pd.I. Yang mana dia adalah Ketua Karang Taruna Desa Grenggeng periode 2015-2020 yang sekarang telah menjadi kepala desa Grenggeng menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini sudah menjadi program terdahulu yang belum sempat dilaksanakan pada saat dia menjabat sebagai ketua Karang Taruna. ” kegiatan ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin tahunan program Karang Taruna Desa. Perkumpulan perwakilan dari setiap Dusun dan kepengurusan baru Karang Taruna Desa untuk melakukan upgrading rencana program setiap 1 periode sekaligus Sekolah Pemuda Desa yang melibatkan perwakilan setiap Dusun untuk menjadi motor penggerak membantu Karang Taruna Desa di setiap Dusun. Harapannya nanti mereka bisa menjadi seorang pemimpin di wilayah Dusun masing-masing atau bahkan menjadi seorang pemimpin di tingkat yang lebih tinggi. Pungkasnya

Organisasi merupakan wadah yang dibentuk untuk memudahkan kelompok yang berada dalam organisasi atau medan perjuangan organisasi untuk mewujudkan tujuan atau visi bersama. Untuk efektifitas dan efisiensi kinerja organisasi mewujudakan visinya maka dibutuhkan strategy yang jitu. Suatu langkah strategis tidak akan terwujud tanpa ada proses refleksi yang kritis dan sistematis, seperti yang pernah dikatakan oleh Paulo Freire bahwa ” Aksi tanpa refleksi kritis dan tanpa kontemplasi adalah aktifisme yang berbahaya ” . Maka dari itu dibutuhkan Analisis SWOT sebagai upaya refleksi organisasi menyusun langkah strategis yang akan memunculkan tawaran-tawaran gerakan yang mungkin akan ditempuh. (DN-BVB)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *