Dewan Meradang, BumDes Mangkrak, Kasus Covid-19 Naik, Kades se-Kab. Tebo Rencana Bintek ke Lombok ?!”

 242 total views

Globalinvestigasinews.com, TEBO- Soroti Soal BumDes Mangkrak dan Rencana Bintek Ke lombok Seluruh Kepala dan perangkat Desa Sekabupaten Tebo Komisi I DPRD Tebo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Instansi terkait (Asisten I,Insfektorat,Dinas PMD) Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) kab Tebo di Ruang Rapat kantor DPRD Tebo,Senin (21/7/2021).

Read More

Dalam RDP tersebut Komisi I DPRD Tebo memintak keterangan dan penjelasan dari pihak Pemkab Tebo terkait Persoalan yg menyebakan terjadinya BumDes yg tidak bergerak alias mati suri,,Rencana Bintek Kepala Desa lombok dan laporan perkembanga pengembalian hasil temuan Inspektorat yg melibatkan Kades pagar puding.(30/7)

Menjawab pertanyaan komisi I soal Bumdes yg mati suri hingga saat ini Malik yg mewakili dari Dinas PMD Tebo membenarkan hal tersebut.

” Semenjak tahun 2018 dan 2019 ketika itu di buatkan lah Program BumDes untuk modal kegiatan usaha tersebut diambil dari Dana Desa,Tujuan dari di bentuknya BumDes tersebut sebagai unit usaha untuk menjadi salah satu inkam sumber pemasukan bagi desa tersebut,Nun seiring waktu berjalan unit usaha tersebut tidak berjalan sesuai harapan sebagaimana yg kita lihat saat ini” Terang Malik.

Hal ini terjadi di sebabkan oleh kesalahan dalam meletakan orang orang sebagai pengelolahan dan perencanaan kegiatan usaha tersebut yg tidak memiliki pengetahuan atau keilmuan dalam bidang tersebut.

” SDM nya kurang, salah menempatkan orang sebagai pengurus maka ahirnya jadi macet ” Imbuh Malik.

Mrngenai Rencana Bintek kepala Desa ke lombok itu bukan rencana dari kami (PMD) tapi atas inisiatif dari asosiasi pemeritahan desa Seindonesia (Apdesi) kabupaten Tebo,Ujar Malik menambahkan.

Selanjut terkait dengan hasil temuaan Inspektorat yg melibatkan Kades Desa Pagar puding dikatakan oleh pihak Inspektorat hingga saat ini kades Azwan belum mengembalikan semua hasil temuan tersebut dan sampai saat ini telah melewati dari waktu yg telah di tentukan.

Karno ketua Komisi I dalam arahannya mengatakan lebih baik sebelum berangkat lebih baik benahi dulu Bumdesnya dan fokus pada perdoalannya.

Senada dengan rekannya Husni anggta komisi I Fraksi Nasdem turut menyayangkan renana bimtek ke lombok di tengah pandemik.

” Mereka tidak sadar,Melakukan perjalanan keluar di tengah covid meningkat ini dapat mengancam keselamatan keluarganya di rumah ” pungkasnya menyelah

Dalam rapat Husni memintak kepada Inspektorat lebih terbuka kepada DPR terkait soal kasus Kades hal ini dikatakannya saat mendengar penjelasan dari Inspektorat saat memaparkan hasil temuanNya (Inspektorat).

” Jelaskn saja bu..apa adanya ..Biar kita semua tahu .” Cetusnya

Menanggapi dari keterangan dan penjelasan dari pihak OPD kab Tebo anggota komisi I DPRD Tebo menegaskan agar pihak Instasi Terkait OPD kab Tebo agar lebih bijak dan tegas dalam melaksanakan tugas kerja.

” Kita sudah mintak kepada OPD agar tegas ..Jika Soal Temuan Kades puding sesuai ketentuan berlaku Infstorak serahkan saja ke APH,Terkait bintek Kades ke Lombok kita mintak agar PMD evaluasi dan kaji lagi.Soal Bumdes akan kita bentuk Tim ” Kata Ivandri .

(Hrf Ginews)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *